Kompas.com - 31/01/2022, 10:19 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan secara optimal adalah mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi.

Melakukan hal ini tentu saja membantu kita mencegah penyakit kronis dan memungkinkan kita untuk mengendalikannya jika kita sudah memiliki penyakit kronis tersebut.

Meskipun makan sehat bisa terlihat berbeda untuk semua orang, tetapi tujuan utamanya adalah untuk membangun pola makan dan minum yang memberi nutrisi untuk menjaga kesehatan.

Jadi, bagaimana kita bisa mulai makan dengan sehat dan membuatnya bertahan untuk jangka panjang?

Baca juga: Ubah Pola Makan, Solusi Turunkan Berat Badan saat Liburan

Berikut adalah strategi terbaik untuk melakukan perubahan pada pola makan kita untuk memiliki hidup yang lebih sehat.

1. Mengonsumsi lebih sedikit makanan olahan

Menurut ahli diet terdaftar Summer Yule, makanan olahan biasanya membuat kita kesulitan untuk mengontrol asupan makanan.

Sebab, banyak porsi dalam satu paket atau bahan-bahan yang tidak terlalu sehat yang berlebihan.

"Makanan ultra-olahan sangat diproses dan dirancang sedemikian rupa sehingga sangat mudah untuk dimakan secara berlebihan," kata dia.

"Beberapa contoh termasuk kue yang dibeli di toko, sereal sarapan manis, corn dog beku, dan makanan ringan serupa," ujar dia.

Makanan-makanan ini seringkali mengandung banyak gula tambahan, tepung putih, dan minyak tambahan yang tidak memiliki banyak vitamin dan mineral, namun banyak kalori.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.