Kompas.com - 02/02/2022, 06:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menghilangkan lemak perut bisa menjadi proses yang panjang dan sulit dibandingkan menghilangkan lemak di area tubuh yang lain.

Ahli nutrisi di Simply Good Foods Company, Colette Heimowitz, MS, mengatakan bahwa ada tiga jenis lemak di dalam tubuh kita yakni trigliserida (lemak dalam darah), subkutan (lemak di bawah permukaan kulit), dan visceral (lemak perut).

"Lemak visceral terletak di bawah otot-otot di perut kita yang menimbulkan risiko bagi kesehatan jika terlalu banyak," terangnya.

Dia menambahkan bahwa lemak perut menghasilkan kelebihan hormon dan bahan kimia yang berdampak negatif pada hampir setiap organ dalam tubuh.

Selain itu, lemak perut juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal.

Lemak perut ini pula yang secara khusus berkontribusi pada kelebihan berat badan yang mungkin terbawa di bagian tengah tubuh kita.

"Tubuh cenderung menyimpan lemak perut dengan mudah dan sulit dihilangkan karena letaknya sangat dekat dengan hampir semua organ vital kita," ungkap ahli diet dan konsultan untuk MyFitnessPal di New Jersey, Erin Palinski-Wade, RD, CDCES.

"Ini adalah sumber energi cepat yang mudah untuk organ, jadi masuk akal jika tubuh ingin menyimpannya," sambung dia.

Palinski-Wade mencatat bahwa segala sesuatu mulai dari stres, kurang tidur, penuaan, hingga makanan yang kaya gula sederhana dapat meningkatkan simpanan lemak perut.

Dan kita mungkin akan kesulitan untuk menghilangkannya tanpa melakukan penyesuaian gaya hidup sehat yang lebih konsisten.

Baca juga: Hindari Penyakit Berbahaya, Ini Trik Cegah Tumpukan Lemak Visceral

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.