Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghilangkan Lemak Perut Tanpa Perlu Usaha Keras

Kompas.com - 02/02/2022, 06:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Menghilangkan lemak perut bisa menjadi proses yang panjang dan sulit dibandingkan menghilangkan lemak di area tubuh yang lain.

Ahli nutrisi di Simply Good Foods Company, Colette Heimowitz, MS, mengatakan bahwa ada tiga jenis lemak di dalam tubuh kita yakni trigliserida (lemak dalam darah), subkutan (lemak di bawah permukaan kulit), dan visceral (lemak perut).

"Lemak visceral terletak di bawah otot-otot di perut kita yang menimbulkan risiko bagi kesehatan jika terlalu banyak," terangnya.

Dia menambahkan bahwa lemak perut menghasilkan kelebihan hormon dan bahan kimia yang berdampak negatif pada hampir setiap organ dalam tubuh.

Selain itu, lemak perut juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal.

Lemak perut ini pula yang secara khusus berkontribusi pada kelebihan berat badan yang mungkin terbawa di bagian tengah tubuh kita.

"Tubuh cenderung menyimpan lemak perut dengan mudah dan sulit dihilangkan karena letaknya sangat dekat dengan hampir semua organ vital kita," ungkap ahli diet dan konsultan untuk MyFitnessPal di New Jersey, Erin Palinski-Wade, RD, CDCES.

"Ini adalah sumber energi cepat yang mudah untuk organ, jadi masuk akal jika tubuh ingin menyimpannya," sambung dia.

Palinski-Wade mencatat bahwa segala sesuatu mulai dari stres, kurang tidur, penuaan, hingga makanan yang kaya gula sederhana dapat meningkatkan simpanan lemak perut.

Dan kita mungkin akan kesulitan untuk menghilangkannya tanpa melakukan penyesuaian gaya hidup sehat yang lebih konsisten.

Baca juga: Hindari Penyakit Berbahaya, Ini Trik Cegah Tumpukan Lemak Visceral

Nah, bagi yang sedang berjuang untuk menghilangkan lemak perut dengan mudah, berikut ini terdapat beberapa cara mengurangi lemak perut tanpa memerlukan usaha yang terlalu keras.

1. Melakukan pernapasan dalam

"Hormon stres dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak di bagian perut, bahkan jika berat badan kita tidak berubah," kata Palinski-Wade.

Jadi, menurut dia, salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres dengan cepat adalah dengan berlatih pernapasan perut.

Caranya dengan menarik napas melalui hidung ke perut, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan napas dalam-dalam melalui bibir yang mengerucut seperti sedang bersiul.

"Ini bisa membantu untuk memperlambat detak jantung, menenangkan tubuh, dan mengurangi sirkulasi hormon stres," ujarnya.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com