Kompas.com - 02/02/2022, 18:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memilih makanan yang baik dan sehat berperan penting untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Apalagi di masa pandemi Covid-19, makanan juga berpengaruh meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Oleh sebab itu, jika kita ingin hidup lebih sehat, hindari tujuh makanan yang sangat buruk bagi kesehatan, seperti berikut ini.

1. Makanan yang digoreng

Seorang ahli diet kesehatan mental, Angela L. Lago, mengungkapkan bahwa makanan yang digoreng adalah salah satu makanan yang sangat buruk bagi kesehatan kita.

"Saya tidak pernah melarang orang-orang untuk makan gorengan. Namun, makanan yang digoreng tidak boleh menjadi makanan pokok bagi siapa pun," terangnya.

"Secara umum, gorengan lebih tinggi lemak, garam, dan kalori yang semuanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan meningkatkan risiko obesitas," sambung dia.

Makanan yang digoreng ini sering kali kita temukan di restoran atau tempat makanan fast food yang menggunakan lemak trans. Makanan jenis ini berhubungan erat dengan penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

"Alternatif yang bagus adalah menggoreng di rumah dengan minyak zaitun atau minyak alpukat, atau menggunakan air fryer untuk mendapatkan efek yang sama tanpa dampak negatif," saran Lago.

Baca juga: Makan Gorengan Setiap Hari Picu Risiko Kematian Dini

2. Keripik kentang

Penasihat medis untuk Illuminate Labs, Andrea Paul, MD, menjelaskan mengapa keripik kentang yang sangat digemari orang-orang sangat buruk bagi kesehatan kita.

"Keripik kentang diketahui tidak sehat karena beberapa alasan seperti rendah nutrisi, tinggi lemak, dan tinggi natrium," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NYPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.