Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Memahami Kendali, Kunci Bahagia Ala Stoisisme

Kompas.com - 03/02/2022, 08:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan & Ikko Anata

SEBELUM mengikuti ujian, pastinya kita harus mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah belajar dengan sungguh-sungguh.

Namun, terkadang hasil ujian tidak sesuai ekspektasi, sedangkan kita sudah berusaha maksimal. Rasa kecewa, marah, dan sedih pasti bercampur menjadi satu.

Ketika berada dalam situasi tersebut, sering kali kita lepas kendali sehingga terjerumus ke dalam rasa sedih dan kecewa yang berlebihan.

Padahal, keduanya tak baik apabila dirasakan hingga berlarut-larut. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk bangkit dan pulih dari hal ini?

Filsafat Stoisisme jawabannya

Filsafat stoisisme merupakan aliran filsafat yang lahir pada era Helenistik. Dikutip dari artikel Bentang Pustaka, aliran filsafat ini mengajarkan manusia untuk lebih tangguh dan bahagia dengan cara mengelola ekspektasi dan menikmati dinamika kehidupan.

Dengan kata lain, aliran filsafat ini mengajarkan manusia untuk bisa mengontrol hal-hal yang terjadi dalam hidup dan bagaimana meresponsnya agar bisa menghadirkan kebahagiaan serta ketenangan.

Dalam buku Kamus Filsafat yang ditulis oleh Lorens Bagus, dijelaskan bahwa stoisisme lahir pada tahun 108 sebelum masehi di Athena dengan Zeno dari Citium sebagai pelopornya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.