Kompas.com - 03/02/2022, 14:41 WIB

KOMPAS.com - Memiliki perut buncit tidak hanya membuat penampilan kita menjadi kurang menarik, tetapi juga ada bahaya kesehatan yang mengintai di baliknya.

Sebab, perut buncit biasanya terjadi karena penimbunan lemak visceral atau lemak perut yang dikenal sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tidak seperti lemak subkutan (jenis yang dapat menumpuk di sekitar lengan, pinggul, dan paha), lemak perut dapat meningkatkan beragam risiko penyakit.

Mulai dari ancaman penyakit jantung, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, kanker, dan penyakit kronis lainnya, mengintai di balik kondisi perut semacam itu.

Baca juga: 6 Tips Mudah Bebas dari Perut Buncit di Usia 40 Tahun

Lemak perut juga dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi dan resistensi insulin, pemicu diabetes.

Lebih buruk lagi, penelitian telah menunjukkan, bahkan orang dalam kisaran berat badan normal memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan jika mereka memiliki banyak lemak perut.

Kabar baiknya, ada sesuatu yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan perut buncit yang dimulai dengan mengubah kebiasaan makan dan minum.

Ahli gizi Lisa Young menyarankan kita untuk menghindari minuman manis karena orang yang meminumnya cenderung memiliki lebih banyak lemak di perut.

Sebagai alternatif yang lebih sehat, ahli gizi Blanca Garcia merekomendasikan untuk memasukkan air dengan irisan mentimun, jeruk, limau, atau lemon.

Ini akan memberikan rasa air tanpa kalori kosong atau gula tambahan yang berkontribusi pada lemak perut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.