Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2022, 14:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Memiliki perut buncit tidak hanya membuat penampilan kita menjadi kurang menarik, tetapi juga ada bahaya kesehatan yang mengintai di baliknya.

Sebab, perut buncit biasanya terjadi karena penimbunan lemak visceral atau lemak perut yang dikenal sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tidak seperti lemak subkutan (jenis yang dapat menumpuk di sekitar lengan, pinggul, dan paha), lemak perut dapat meningkatkan beragam risiko penyakit.

Mulai dari ancaman penyakit jantung, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, kanker, dan penyakit kronis lainnya, mengintai di balik kondisi perut semacam itu.

Baca juga: 6 Tips Mudah Bebas dari Perut Buncit di Usia 40 Tahun

Lemak perut juga dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi dan resistensi insulin, pemicu diabetes.

Lebih buruk lagi, penelitian telah menunjukkan, bahkan orang dalam kisaran berat badan normal memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan jika mereka memiliki banyak lemak perut.

Kabar baiknya, ada sesuatu yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan perut buncit yang dimulai dengan mengubah kebiasaan makan dan minum.

Ahli gizi Lisa Young menyarankan kita untuk menghindari minuman manis karena orang yang meminumnya cenderung memiliki lebih banyak lemak di perut.

Sebagai alternatif yang lebih sehat, ahli gizi Blanca Garcia merekomendasikan untuk memasukkan air dengan irisan mentimun, jeruk, limau, atau lemon.

Ini akan memberikan rasa air tanpa kalori kosong atau gula tambahan yang berkontribusi pada lemak perut.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa kebiasaan minum yang dapat membantu "menumpas" perut buncit, berikut ini.

1. Membatasi alkohol

Berkali-kali penelitian menunjukkan, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan lemak perut.

Baca juga: 4 Menu Sarapan yang Bantu Lenyapkan Perut Buncit, Mau?

Faktanya, satu studi tahun 2007 di European Journal of Nutrition menemukan, pria yang minum alkohol lebih dari tiga gelas sehari memiliki kemungkinan 80 persen lebih besar untuk menyimpan lemak perut.

Angka tersebut muncul dengan membandingkan pada orang yang minum sangat sedikit atau dalam jumlah sedang.

"Bir, anggur, dan minuman beralkohol lainnya tidak hanya mengemas banyak kalori dengan hampir tidak ada nutrisi, tetapi juga lemak," kata Garcia.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com