Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kompas.com - 04/02/2022, 08:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) yang diperingati pada 4 Februari setiap tahunnya selalu mengingatkan kita mengenai betapa pentingnya memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Seperti yang kita tahu, kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Menurut data Globocan tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, di mana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker.

Data tersebut juga menyatakan bahwa 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal karena kanker.

Sementara itu, Kemenkes mengungkapkan bahwa angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara dan urutan ke 23 di Asia.

Gaya hidup yang tidak sehat disebut menjadi faktor utama orang-orang mengembangkan berbagai macam jenis penyakit kanker hingga menyebabkan kematian.

Baca juga: 10 Langkah Cegah Kanker Rekomendasi Pakar Kesehatan Harvard

Untuk mencegahnya, kita dapat mengubah gaya hidup yang lebih baik dengan melakukan beberapa tips mengurangi risiko kanker seperti berikut ini.

1. Menghindari rokok

Merokok dapat menempatkan kita pada risiko terkena kanker.

Merokok juga telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim, dan ginjal.

Bahkan, jika kita tidak merokok namun terkena paparan dari asap rokok itu, tetap dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Memutuskan untuk berhenti merokok adalah bagian penting dari pencegahan kanker. Tetapi, apabila kita memerlukan bantuan untuk berhenti merokok, tanyakan kepada dokter untuk menerapkan strategi yang tepat.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

Meskipun membuat pilihan makanan yang sehat tidak dapat menjamin pencegahan kanker, hal itu tetap dapat mengurangi risiko kita terkena kanker.

Berikut ini terdapat panduan bagi kita untuk mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat:

Makan banyak buah dan sayuran

Dasarkan pola makan kita pada buah-buahan, sayuran, dan makanan lain dari sumber nabati seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Kurangi gula dan lemak

Mempertahankan tubuh tetap langsing juga bisa mencegah kita terkena kanker. Maka dari itu kita harus mengurangi makanan berkalori tinggi, termasuk gula halus dan lemak dari sumber hewani.

• Kurangi alkohol

Risiko berbagai jenis kanker akan meningkat seiring dengan jumlah alkohol yang kita minum. Jika kita masih minum alkohol, maka sebaiknya kurangi jumlahnya menjadi sedang.

Batasi daging olahan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com