Kompas.com - 04/02/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 varian Omicron dianggap menimbulkan gejala ringan bagi penderitanya. Walau demikian, kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak tertular dan cepat pulih dari sakit saat terpapar virus ini.

Menurut dokter spesialis paru dr.Erlina Burhan, varian Omicron memang lebih mudah menular dibanding varian Delta. Lonjakan kasus Covid-19 yang naik signifikan di Indonesia dalam satu bulan terakhir merupakan salah satu buktinya.

"Asumsi saya, kalau dilakukan pemeriksaan sebagian besar kasus yang terjadi di Indonesia sudah Omicron," ujarnya dalam acara temu media yang diadakan secara virtual oleh SOHO Global Health (3/2/2022).

Dia menuturkan, masyarakat jangan terlena dengan anggapan bahwa varian Omicron hanya menimbulkan gejala ringan, sebab ada kelompok rentan yang tetap harus kita lindungi.

Ditambahkan oleh Prof.dr.Iris Rengganis Sp.PD, pakar alergi dan imunologi, varian Omicron juga memiliki risiko infeksi yang besar, bahkan membuat seorang penyintas kembali tertular.

"Beresiko pada mereka yang sistem imunnya sudah mulai turun, dalam hal ini lansia dengan berbagai komorbid," papar Iris dalam acara yang sama.

Baca juga: Beda Gejala Omicron dengan Flu, dan Cara Mencegah Tertular Omicron

Selain itu, sistem daya tahan tubuh seseorang berbeda-beda dan bersifat individual. Mulai dari genetis, microbio, infeksi sebelumnya, indeks masa tubuh, nutrisi, ada-tidaknya kormobid, termasuk status psikis emosional. Semuanya, baik secara langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi sistem imun tubuh seseorang.

“Penanganan setiap orang itu harus case-by-case atau tailor made bergantung pada kondisi masing-masing orang. Namun, penanganan yang berlaku untuk semua orang adalah upaya Prokes (protokol Kesehatan), ini yang nomor satu,” katanya.

Oleh karena itu kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh di tengah lonjakan kasus, misalnya dengan melakukan vaksinasi booster.

Suplemen imunomodulator

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.