Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Latihan Penurunan Berat Badan bagi yang Berusia 60 Tahun ke Atas

Kompas.com - 05/02/2022, 06:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Semakin bertambahnya usia, maka semakin sulit bagi kita untuk menurunkan dan juga mempertahankan berat badan yang ideal.

Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh kita tidak secepat dulu dan kita mungkin telah kehilangan massa otot tanpa lemak.

Meski demikian, sebenarnya belum terlambat bagi kita untuk membalikkan keadaan dan menjadi lebih bugar berapa pun usia kita.

Ada pun faktor kunci untuk menurunkan berat badan setelah kita memasuki usia lanjut, terutama di atas 60 tahun, adalah dengan mengikuti diet yang terdiri dari protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran.

Selain itu, kita juga harus menantang tubuh dengan cara berolahraga secara rutin atau setidaknya meningkatkan pembakaran kalori.

Baca juga: 3 Cara Jaga Capaian Penurunan Berat Badan Jadi Permanen

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa latihan penurunan berat badan terbaik bagi orang-orang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

1. Gabungkan latihan kekuatan

Seiring bertambahnya usia, kita tidak hanya kehilangan massa otot tetapi juga kekuatan dan kecepatan.

Salah satu trik latihan terbaik yang dapat kita lakukan adalah memasukkan latihan kekuatan ke dalam rejimen kebugaran sehari-hari.

Ini berarti kita menambahkan latihan yang memanfaatkan serat otot tipe I kita.

Latihan kekuatan adalah cara yang solid untuk memulainya karena dapat meningkatkan kecepatan dan gerakannya membantu merangsang sistem saraf pusat.

Latihan ini juga memungkinkan kita merekrut lebih banyak serat otot selama latihan dan membuat lebih banyak pembakaran kalori.

Beberapa latihan yang bisa kita coba adalah latihan medicine ball seperti slam dan chest pass. Kemudian, tambahkan beberapa set 8-10 repetisi sebelum latihan kekuatan.

2. Latihan cluster set

Cluster set adalah teknik latihan menyenangkan yang dapat kita masukkan ke dalam rejimen pelatihan.

Latihan ini memungkinkan kita untuk mendorong otot lebih keras dan membantu kita merekrut, serta menggunakan semua serat otot.

Untuk melakukan cluster set, pilih latihan (sebaiknya pada mesin) dan pilih tujuan repetisi (15-20 sebagai waktu yang baik untuk memulai).

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com