Kompas.com - 05/02/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Semakin bertambahnya usia, maka semakin sulit bagi kita untuk menurunkan dan juga mempertahankan berat badan yang ideal.

Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh kita tidak secepat dulu dan kita mungkin telah kehilangan massa otot tanpa lemak.

Meski demikian, sebenarnya belum terlambat bagi kita untuk membalikkan keadaan dan menjadi lebih bugar berapa pun usia kita.

Ada pun faktor kunci untuk menurunkan berat badan setelah kita memasuki usia lanjut, terutama di atas 60 tahun, adalah dengan mengikuti diet yang terdiri dari protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran.

Selain itu, kita juga harus menantang tubuh dengan cara berolahraga secara rutin atau setidaknya meningkatkan pembakaran kalori.

Baca juga: 3 Cara Jaga Capaian Penurunan Berat Badan Jadi Permanen

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa latihan penurunan berat badan terbaik bagi orang-orang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

1. Gabungkan latihan kekuatan

Seiring bertambahnya usia, kita tidak hanya kehilangan massa otot tetapi juga kekuatan dan kecepatan.

Salah satu trik latihan terbaik yang dapat kita lakukan adalah memasukkan latihan kekuatan ke dalam rejimen kebugaran sehari-hari.

Ini berarti kita menambahkan latihan yang memanfaatkan serat otot tipe I kita.

Latihan kekuatan adalah cara yang solid untuk memulainya karena dapat meningkatkan kecepatan dan gerakannya membantu merangsang sistem saraf pusat.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.