Kompas.com - 05/02/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah membuat kita tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Penelitian baru dari jurnal Frontiers in Nutrition bahkan menunjukkan, mengonsumsi vitamin C ternyata dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker dan dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker secara umum.

Menurut para peneliti, vitamin C mampu mengurangi risiko 11 jenis penyakit kanker yang berbeda antara lain, kandung kemih, payudara, lambung, paru-paru, pankreas, prostat, hingga tumor serviks.

Baca juga: Fungsi Suplemen Vitamin C dan D untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Ditambah lagi, asupan vitamin C juga telah dikaitkan dengan kejadian kanker total yang lebih rendah.

Meski demikian, ahli gizi terdaftar, Gail Mayer mengungkapkan, dalam penelitian tersebut belum jelas bagaimana peserta mendapatkan vitamin C.

Apakah itu berasal dari makanan atau dari suplemen.

"Sering kali, suplemen vitamin dan mineral tidak memberikan manfaat yang sama seperti yang kita dapatkan saat kita mengonsumsi nutrisi dari makanan utuh," kata Mayer.

"Vitamin C yang berasal dari buah-buahan dan sayuran mengandung serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia lain yang tak terhitung jumlahnya, yang bermanfaat bagi kesehatan kita dalam berbagai cara," sambung dia.

Baca juga: 10 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

Mayer juga menambahkan, suplemen memang dapat berguna dalam berbagai cara.

Tetapi, tidak ada yang bisa meniru manfaat tak terbatas dari nutrisi yang ditemukan dalam berbagai macan buah-buahan dan sayuran utuh yang belum diproses.

"Dalam usaha mengurangi risiko kanker, kita perlu mengambil manfaat dari pendekatan yang lebih holistik untuk diet sehari-hari," ujar Dr Cedrina Calder,  anggota medis dari Eat This Not That Medical Review Board.

"Jadi, cara terbaik menurunkan risiko kanker adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak sayuran (terutama sayuran berdaun hijau), buah, dan membatasi makanan olahan," sebut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.