Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arloji Berhias Zamrud dan Berlian dari Bvlgari yang Hampir Mustahil Didapatkan

Kompas.com - 07/02/2022, 09:09 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sebagai pembuat perhiasan ternama, Bvlgari juga dikenal memproduksi jam tangan yang unik. Tidak heran bila beberapa arloji rilisannya merupakan gabungan antara keahlian pembuatan jam tangan mekanis dengan kepiawaian memproduksi perhiasan.

Hal ini dibuktikan lewat arloji baru bernama Octo Roma Emerald Grande Sonnerie (ref. 103553), yang diperkenalkan pada LVMH Watch Week, minggu lalu.

Pembuat perhiasan asal Roma itu mengungkapkan jam tangan yang secara harmonis menyatukan keindahan suara dan tatanan batu permata dalam gaya modern.

Bisa dibilang, inilah perpaduan antara Haute Horlogerie dan Haute Joaillerie, atau seni pembuatan arloji dan perhiasan kelas atas.

Bvlgari Octo Roma Emerald Grande Sonnerie Bvlgari Octo Roma Emerald Grande Sonnerie
Dihiasi dengan 446 zamrud Zambia potongan baguette, ditambah berlian dengan total lebih dari 30 karat, dan casing emas putih 18 karat serta tali kulit buaya, Octo Roma Emerald Grande Sonnerie adalah personifikasi kemewahan.

Batu-batu mulia yang melengkapinya ditata dengan selera tinggi, membuat arloji Octo Roma ini bagai kanvas yang indah untuk rangkaian permata.

Potongan berlian baguette yang meruncing pada dial misalnya, dipotong khusus untuk menciptakan pola sinar matahari yang memancar dari bagian tengah jam. Ini adalah teknik yang sulit dibuat.

Sedangkan zamrud pada bezel diatur begitu rapat agar celahnya tidak terlihat, seolah menciptakan lingkaran hijau tanpa putus. Belum lagi bagian crown atau kenop dan tombol push di sisi arloji yang merupakan permata pilihan.

Bukan hanya tampilannya yang memukau, arloji ini juga dilengkapi mesin otomatis BVL703, yang diatur dengan tourbillon. Ini adalah mesin Bvlgari yang paling rumit hingga saat ini, karena terdiri dari 732 komponen dan perlu waktu sembilan bulan untuk merakitnya.

Lalu yang membuatnya diberi nama Grande Sonnerie adalah kemampuannya membunyikan denting yang dapat diatur agar berbunyi pada tiap jam, seperempat jam, hingga menit.

Mekanisme Grande Sonnerie yang memiliki empat palu dan gong ini menggunakan sistem lonceng Westminster yang meniru jam terkenal Big Ben di London.

Bvlgari Octo Roma Emerald Grande Sonnerie Bvlgari Octo Roma Emerald Grande Sonnerie
Bvlgari menyebut "orkestra" yang dimainkan lewat arloji ini sebagai Sinfonia della Meccanica, atau simfoni mekanis, sedangkan keindahan tatanan batu mulianya disebut Estetica della Meccanica, alias estetika mekanis.

Meski begitu mahakarya ini tidak mudah didapatkan. Selain harganya 1.555.000 dollar AS atau sekitar Rp 22,4 miliar, Bvlgari Octo Roma Emerald Grande Sonnerie adalah jam satu-satunya yang dibuat.

Baca juga: Serpenti Misteriosi Cleopatra, Jam Tangan Misterius dari Bvlgari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com