Kompas.com - 08/02/2022, 13:24 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kehadiran lalat di rumah kita tentunya sangat tidak diinginkan. Bukan hanya mengganggu, namun lalat juga merupakan vektor penyakit berbahaya seperti diare, demam tifoid, disentri, kolera, dan lainnya.

Bahkan di beberapa tempat kehadiran lalat sangat ‘diharamkan’ seperti di area dapur, restoran, café, dan coffee shop.

Selain bahaya penyakit yang dapat disebabkan oleh lalat, reputasi brand yang susah payah dibangun dapat terancam karena serangga tersebut.

Karenanya kita bisa mencoba mengusir lalat dengan beberapa cara berikut:

1. Menaruh bau yang dibenci lalat

Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.Unsplash/Luisa Schetinger Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.
Beberapa bau bisa mencegah lalat berkeliaran di rumah dan tidak beracun, sehingga aman digunakan di dalam rumah.

Beberapa bau yang bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat dengan cepat antara lain kemangi, cengkeh, mint, lavender, kayu manis, dan sari cuka apel.

Kita bisa menaruh wewangian tersebut dengan menanam tanamannya atau menggunakan pengharum ruangan, lilin, minyak atsiri, atau diffuser dengan aroma tersebut.

Baca juga: 9 Aroma untuk Mengusir Lalat dari Rumah

2. Membuat semprotan pengusir lalat

Membuat semprotan bisa menjadi pilihan cara mengusir lalat dengan cepat.

Cara membuatnya adalah mencampurkan sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka. PIXABAY/SQUIRREL_PHOTOS Membuat semprotan bisa menjadi pilihan cara mengusir lalat dengan cepat. Cara membuatnya adalah mencampurkan sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka.
Membuat semprotan bisa menjadi pilihan cara mengusir lalat dengan cepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.