Kompas.com - 08/02/2022, 14:17 WIB

KOMPAS.com - Terdapat sejumlah pantangan yang harus dipatuhi orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah alias hipertensi.

Selain mengurangi makanan yang mengandung tinggi garam dan gorengan, mereka juga harus berhati-hati saat meminum parasetamol.

Pasalnya orang dengan tekanan darah tinggi yang secara teratur mengonsumsi parasetamol berpotensi mengalami risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih besar.

Pasien yang memiliki resep obat jangka panjang -yang biasanya digunakan untuk pengobatan nyeri kronis- harus diberikan dosis efektif terendah untuk waktu sesingkat mungkin.

Baca juga: Ibuprofen dan Parasetamol, Mana yang Efektif untuk Pasien Covid-19?

Disebutkan, parasetamol selama ini diketahui sebagai obat yang benar-benar aman untuk digunakan oleh pasien dengan nyeri kronis.

Tetapi, temuan terbaru dalam riset di University of Edinburgh ini menunjukkan efek pada tekanan darah mirip dengan antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen.

Kondisi inilah yang bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung, walau juga digunakan untuk mengatasi nyeri kronis.

Meminum parasetamol secara rutin diperkirakan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke sekitar 20 persen.

Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan riset ini harus mengarah pada tinjauan resep parasetamol jangka panjang untuk pasien.

Itu tentunya akan bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kondisi tersebut atau mereka yang berisiko terkena penyakit jantung atau stroke.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.