Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Bagaimana Membangun Resiliensi Kaum Lansia di Masa Pandemi?

Kompas.com - 09/02/2022, 09:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Dr. Raja Oloan Tumanggor

PADA masa pandemi saat ini kondisi mental semua manusia termasuk kaum manusia lanjut usia (lansia) tentu mengalami perubahan.

Berbagai kekhawatiran muncul: pandemi Covid-19 khususnya jenis Omicron yang punya dampak penularan lebih tinggi dari jenis virus sebelumnya, mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan manusia termasuk kaum lansia.

Akibat pandemi ini kegiatan rutin mengalami kendala. Akses ke kesehatan juga tidak mudah, sulit beradaptasi dengan teknologi komunikasi, hidup terisolasi. Semua ini menambah beban hidup warga lansia.

Untuk itu, kaum lansia harus memiliki resiliensi yang mumpuni agar mereka bisa menghadapi persoalannya dengan baik.

Lalu apa yang dimaksud “resiliensi” (daya lenting) ini?

Resiliensi adalah kata yang berasal dari Bahasa Inggris resilience, yang artinya daya atau kemampuan individu untuk menyesuaikan diri, beradaptasi dengan situasi yang kurang menyenangkan, tekanan atau perubahan yang terjadi dalam dirinya (Karni, 2019).

Selain itu, resiliensi juga dipahami sebagai kemampuan untuk mengatasi rasa frustasi dan permasalahan yang dialami oleh individu.

Orang yang resilien selalu mampu mengatasi permasalahan dalam hidupnya dan mampu beradaptasi dengan situasi yang dihadapi (Garcia-Leon et al., 2019 dalam Pragholapati & Munawaroh, 2020).

Unsur resiliensi

Apa saja yang menjadi unsur-unsur resiliensi? Pertama, regulasi emosi adalah kemampuan untuk tetap tenang saat berada dalam tekanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.