Kompas.com - 09/02/2022, 10:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mahkota selalu identik digunakan oleh para raja dan ratu. Lantaran memiliki makna mendalam, tak heran jika mahkota terbuat atau dihiasi benda-benda yang bernilai tinggi.

Tak terkecuali dengan salah satu mahkota Ratu Elizabeth dari Kerajaan Inggris, yakni mahkota berhiaskan berlian Koh-i-Noor peninggalan Ibu Suri. Mahkota ini dikenakan Ratu Elizabeth, istri Raja George VI pada penobatannya di tahun 1937.

Mahkota peninggalan Ibu Suri ini menjadi sorotan publik lantaran kabarnya Camilla akan mengenakannya jika Pangeran Charles menjadi raja dan dia resmi jadi ratu Inggris.

Baca Juga: Ratu Elizabeth Restui Camilla Parker Bowles Jadi Permaisuri Inggris

Mahkota tersebut dibuat oleh Garrard & Co, perancang mahkota kerajaan pada masa itu. Desainnya terinspirasi dari desain Mahkota Ratu Mary. Namun, mahkota ini memiliki empat setengah lengkungan, bukan delapan.

Bantalan lengkungannya sengaja dibuat seperti Mahkota Ratu Mary yang dapat dilepas pada bagian salibnya, dan memungkinkan untuk dikenakan sebagai lingkaran atau mahkota terbuka.

Perlu diketahui, ini adalah satu-satunya mahkota yang terbuat dari platinum untuk kerajaan Inggris. Sementara yang lainnya rata-rata dibuat dengan bingkai emas model kerawang.

Berhiaskan ribuan berlian

Berlian Koh-i-Noor yang menjadi hiasan utama pada mahkota Ratu Elizabeth II.METRO.CO.UK Berlian Koh-i-Noor yang menjadi hiasan utama pada mahkota Ratu Elizabeth II.
Mahkota Ibu Suri memiliki bingkai platinum bertahtakan 2.800 berlian. Sebagian besar berlian berbentuk cushion shaped atau biasa disebut pillow cut karena bentuknya menyerupai bantal. Beberapa di antaranya juga ada yang berbentuk rose cut dan brilliant cut.

Kemudian mahkota yang terdiri dari gugusan berbentuk salib persegi panjang, dibatasi dengan satu baris berlian brilliant cut dan pada bagian salib depan dihiasi dengan berlian besar yang diberikan kepada Ratu Victoria oleh Sultan Turki pada 1856.

Baca juga: Kisah Kelam di Balik Koh-i-Noor, Berlian Perempuan Kerajaan Inggris

Berlian Koh-i-Noor

Inilah permata Koh-I-Noor yang menghiasi mahkota kerajaan milik Ratu Elzabeth II.AFP Inilah permata Koh-I-Noor yang menghiasi mahkota kerajaan milik Ratu Elzabeth II.
Berlian Koh-i-Noor 105 karat yang disematkan pada dudukan platinum berbentuk salib ini merupakan hadiah kepada Ratu Victoria oleh Sultan Abdul Medjid pada 1856 sebagai tanda terima kasih atas dukungan Inggris selama Perang Krimea.

Pada bagian atas yang meruncing juga dilengkapi dengan pave-set monde dan satu set cross dengan replika kristal Lahore Diamond (pemberian British East India Company pada 1851 untuk Ratu Victoria). Pada bagian dalamnya, mahkota ini dilengkapi dengan penutup kepala beludru.

Baca Juga: Melihat Megahnya Royal Wedding Ratu Elizabeth II 74 Tahun Lalu

Selama pemerintahan George VI, Ratu Elizabeth mengenakan mahkota ini pada Pembukaan Parlemen Negara dan penobatan putrinya, Ratu Elizabeth II pada 1953.

Sebelum itu, berlian Koh-i-Noor juga pernah digunakan berturut-turut di mahkota Ratu Alexandra dan Ratu Mary. Hingga kini, Koh-i-Noor telah menjadi bagian dari koleksi permata Kerajaan Inggris selama lebih dari 150 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.