Kompas.com - 09/02/2022, 16:49 WIB

KOMPAS.com - Para pakar kesehatan selalu mengingatkan betapa pentingnya berolahraga rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, jadwal yang padat dan sibuk kerap dijadikan alasan untuk melewatkan olahraga.

Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga, karena ada satu jenis olahraga yang hanya "menyita" waktu kita selama tiga detik.

Penasaran olahraga apa yang dimaksud?

Satu studi baru menemukan, mengangkat beban setidaknya tiga detik dalam sehari bisa berdampak positif pada kekuatan otot dalam jangka panjang.

Baca juga: Jangan Lakukan Olahraga yang Sama Setiap Hari, karena...

Para peneliti di Australia dan Jepang mengungkap, melakukan satu bicep curl dengan upaya maksimal dapat meningkatkan 10 persen kekuatan otot hanya dalam waktu satu bulan.

Tim peneliti di Edith Cowan University dan Niigata University of Health and Welfare memelajari 39 mahasiswa sehat yang melakukan satu kontraksi otot dengan upaya maksimal selama tiga detik sehari.

Olahraga ini dilakukan lima hari seminggu, selama empat minggu.

Selama uji coba, setiap siswa melakukan bicep curl dengan tiga metode berbeda, yakni bicep curl isometrik, konsentris, atau eksentrik.

Para peneliti mengukur kekuatan kontraksi maksimum setiap peserta sebelum dan sesudah program angkat besi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.