Kompas.com - 10/02/2022, 07:17 WIB

KOMPAS.com - Dalam hal bekerja bersama dengan orang lain, kita tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual atau intelligence quotient (IQ) saja.

Melainkan, kita juga memerlukan kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) yang berperan untuk memengaruhi bagaimana kita bersikap secara sosial.

Menurut konsultan dan pakar di bidang organisasi, Marcel Schwantes, seorang pemimpin yang bersikap impulsif, picik, mudah marah, atau sering membuat keputusan dengan pikiran yang tidak benar itu biasanya memiliki tingkat EQ yang rendah.

Baca juga: Ajarkan Empati pada Anak Berpengaruh pada Kecerdasan Emosional

Lantas, bagaimana kita bisa mengetahui apabila EQ kita ternyata sudah berada di tingkat yang normal atau mungkin di atas rata-rata?

Schwantes pun memberikan sejumlah pertanyaan yang dapat menilai kecerdasan emosional kecerdasan emosional diri kita sendiri, berikut ini.

1. Apakah kita mudah bereaksi pada suatu masalah?

Saat kita terlalu mudah bereaksi terhadap suatu masalah, maka kita mungkin hanya akan mengaburkan pemikiran dan penilaian terhadap masalah tersebut.

Alih-alih bereaksi dengan cepat, orang yang cerdas secara emosional biasanya akan menanggapi suatu masalah dengan perlahan dan lebih tenang.

Sehingga, kondisi ini dapat menciptakan ruang untuk mempertimbangkan situasi dari berbagai perspektif dan kita bisa memutuskan pendekatan terbaik untuk menangani masalah yang sedang terjadi.

2. Selama konflik, apakah kita mampu memotong drama dan tetap berpegang pada fakta?

Di saat-saat yang penuh emosi atau berada di bawah lingkungan yang penuh tekanan, seseorang dengan EQ tinggi akan menjelaskan hasil yang diharapkan dan akan meminta ide-ide lain untuk solusi dengan pikiran terbuka.

Baca juga: Humor Ternyata Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Sudah Tahu?

Ini biasanya mengarah pada diskusi konstruktif yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang berlangsung untuk kepuasan semua orang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.