Kompas.com - 10/02/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Kekerasan berbasis online masih menjadi masalah utama yang disoroti dalam keamanan menggunakan internet di Indonesia.

Berdasarkan data dari Internet World Stats 2021 Q1, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia yang menempati peringkat empat besar pada tahun 2021.

Masifnya penggunaan internet ini pula yang meningkatkan berbagai risiko pada masyarakat untuk mengalami kekerasan secara daring dalam skala besar.

Baca juga: Petenis Aldila Sutjiadi Suarakan Perlawanan terhadap Kekerasan Online

Founder dan Executive Director of Bullyid Indonesia, Agita Pasaribu, pun mengungkapkan, dari 171 juta pengguna internet, 49 persen orang telah dilecehkan atau mengalami kekerasan secara online.

Dari jumlah tersebut, 78 persen memilih untuk tidak melaporkan kasusnya karena takut atau malu.

"Orang yang mengalami kekerasan online biasanya akan trauma selama bertahun-tahun," kata Agita dalam konferensi pers virtual bersama Bullyid Indonesia, Selasa (8/2/2022).

"Jadi, sebisa mungkin kita harus bisa mendukung dan memberikan pendampingan agar korban kekerasan online bisa pulih," saran dia.

Kendati demikian, menurut Agita, setiap orang memiliki respons yang berbeda-beda dalam menghadapi pesan negatif atau kekerasan online yang dialami.

"Mungkin ada orang yang bersikap santai dan cuek, tapi ada juga yang sampai depresi. Tidak semua memiliki indikasi yang sama," ujar dia.

Baca juga: Apakah Kita Jadi Korban Kekerasan Online? Ini Cara Memastikannya

Namun, apabila kita mengetahui orang yang mengalami kekerasan online itu sudah menunjukkan perbedaan tingkah laku secara signifikan, maka Agita menganjurkan kita untuk membawanya ke psikolog atau psikiater.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.