Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2022, 09:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Tidak semua anak suka mandi. Meskipun, sebagian besar dapat dibujuk ke bak mandi atau pancuran tanpa harus membuat keributan.

Namun, terlepas dari seberapa besar usaha orangtua untuk menyuruh anaknya mandi, ada pula beberapa anak yang tidak suka mandi untuk membersihkan diri.

Ketika hal ini terjadi, maka mandi bisa menjadi aktivitas yang sulit tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orangtua.

Dan tidak dapat dipungkiri, apabila kesulitan menyuruh anak mandi ini akhirnya bisa menyebabkan konflik atau ketegangan antara anak maupun orangtua.

Baca juga: 5 Efek Buruk Malas Mandi Lebih dari 2 Hari bagi Tubuh

Nah, bagi orangtua, sebelum memarahi anaknya yang sulit untuk disuruh mandi, sebaiknya simak empat alasan mengapa anak tidak suka mandi berikut ini.

1. Mengganggu waktu bermain

Ketika anak sedang bermain, hal yang tidak ingin dilakukannya adalah menghentikan kesenangan hanya untuk mandi.

Karena itu, anak mulai melihat mandi sebagai aktivitas yang dapat mengakhiri kesenangannya dan ini bisa menimbulkan kebencian.

Menurut Child Mind Institute, anak-anak dapat memiliki masalah dengan transisi. Faktanya, semua orang memiliki masalah dengan transisi.

Tetapi, karena orang dewasa menyadari bahwa hal-hal yang harus dilakukan lebih penting daripada hal-hal yang dilakukan hanya untuk tujuan kesenangan, mereka bisa lebih dewasa tentang perubahan.

Sementara, anak-anak belum mencapai tingkat kedewasaan ini dan yang mereka lihat hanyalah kesenangan mereka akan segera berakhir.

Untuk mengatasi hal ini, orangtua perlu mempertimbangkan untuk memberi anak-anak hitungan mundur ketika mereka harus berhenti bermain untuk mandi.

Dengan cara ini, waktu bermain dapat diselesaikan dan anak-anak tidak merasa seperti sedang lengah ketika diberitahu bahwa mereka harus segera menghentikan apa yang ingin mereka lakukan untuk mandi.

Baca juga: Akhir Pekan Jangan Malas Mandi, Ini Manfaatnya

2. Suhu air

Suhu air ternyata dapat memengaruhi anak untuk tidak suka dengan mandi.

Misalnya, jika suhu air terlalu panas atau terlalu dingin untuk anak-anak, mereka akan membenci mandi atau merasa mandi bukanlah aktivitas yang nyaman untuk dilakukan.

Menurut Parenting FirstCry, jika anak-anak dimasukkan ke dalam air yang suhunya sangat berbeda dari suhu tubuhnya, air itu bisa terasa sakit di kulit.

Halaman:
Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com