Kompas.com - 10/02/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Tidak semua anak suka mandi. Meskipun, sebagian besar dapat dibujuk ke bak mandi atau pancuran tanpa harus membuat keributan.

Namun, terlepas dari seberapa besar usaha orangtua untuk menyuruh anaknya mandi, ada pula beberapa anak yang tidak suka mandi untuk membersihkan diri.

Ketika hal ini terjadi, maka mandi bisa menjadi aktivitas yang sulit tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orangtua.

Dan tidak dapat dipungkiri, apabila kesulitan menyuruh anak mandi ini akhirnya bisa menyebabkan konflik atau ketegangan antara anak maupun orangtua.

Baca juga: 5 Efek Buruk Malas Mandi Lebih dari 2 Hari bagi Tubuh

Nah, bagi orangtua, sebelum memarahi anaknya yang sulit untuk disuruh mandi, sebaiknya simak empat alasan mengapa anak tidak suka mandi berikut ini.

1. Mengganggu waktu bermain

Ketika anak sedang bermain, hal yang tidak ingin dilakukannya adalah menghentikan kesenangan hanya untuk mandi.

Karena itu, anak mulai melihat mandi sebagai aktivitas yang dapat mengakhiri kesenangannya dan ini bisa menimbulkan kebencian.

Menurut Child Mind Institute, anak-anak dapat memiliki masalah dengan transisi. Faktanya, semua orang memiliki masalah dengan transisi.

Tetapi, karena orang dewasa menyadari bahwa hal-hal yang harus dilakukan lebih penting daripada hal-hal yang dilakukan hanya untuk tujuan kesenangan, mereka bisa lebih dewasa tentang perubahan.

Sementara, anak-anak belum mencapai tingkat kedewasaan ini dan yang mereka lihat hanyalah kesenangan mereka akan segera berakhir.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.