Kompas.com - 12/02/2022, 07:11 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit yang menduga bahwa semua serpihan putih yang kerap menempel di baju berwarna gelap adalah ketombe.

Padahal, itu bisa saja bukan ketombe, melainkan dry scalp atau kulit kepala yang mengering.

Memang, selain karena bentuknya yang serupa, ketombe maupun dry scalp memiliki gejala yang sama, yaitu membuat kulit kepala terasa gatal.

Nah, untuk mengetahui perbedaan dan cara menangani kedua masalah kulit kepala ini, simak paparan yang dilansir dari Real Simple berikut.

Apa itu dry scalp?

Dry scalp merupakan kondisi umum yang dipicu oleh banyak hal, mulai dari keramas berlebihan hingga produk perawatan rambut yang keras.

Dalam beberapa kasus, dry scalp juga dapat menandakan suatu kondisi medis, seperti psoriasis, dermatitis kontak, eksim, atau sunburn.

Baca juga: Mengenal Scalp Psoriasis dan Perbedaannya dengan Ketombe

Dry scalp ini disebabkan oleh ketidakmampuan kulit kepala untuk menghasilkan cukup sebum dan minyak alami.

"Ketika kulit kepala kekurangan kelembapan, kulit kepala menjadi sangat kering dan menyebabkan pengelupasan kulit mati," kata Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat di New York, AS.

Apa itu ketombe?

Dermatitis seboroik atau dikenal juga dengan nama ketombe adalah kondisi peradangan kulit kepala yang terkait dengan pertumbuhan berlebih.

Ketombe merupakan hasil dari jamur yang tidak berbahaya dan dipicu oleh produksi minyak berlebih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.