Kompas.com - 13/02/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit jantung atau kardiovaskular (CVD) merupakan penyebab kematian paling tinggi di seluruh dunia.

Salah satu faktor risiko orang dapat mengembangkan penyakit ini adalah karena adanya riwayat keluarga yang juga mengidap penyakit yang sama.

Misalkan, kita memiliki setidaknya satu anggota keluarga sedarah yang mengidap penyakit jantung atau mengalami kondisi yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, maupun hipertensi.

Maka dalam hal ini, kita memiliki riwayat keluarga kardiovaskular yang positif sehingga kita juga berisiko besar terkena penyakit ini.

Baca juga: Ketahui, Durasi Ideal Olahraga dalam Seminggu demi Kesehatan Jantung

Kendati demikian, penyakit jantung juga bisa timbul karena multi-faktorial, terutama dalam hal kebiasaan makan.

Jadi, meskipun kita memiliki riwayat penyakit jantung dari keluarga, kita tetap bisa mencegahnya dengan menjalankan kebiasaan makan yang sehat.

Nah, terdapat beberapa kebiasaan makan yang dapat kita coba untuk menjaga kesehatan jantung sebagai berikut ini.

1. Menambahkan kacang kenari dalam diet sehari-hari

Alih-alih menghilangkan makanan yang mungkin kita sukai dari diet, pastikan untuk menambahkan makanan yang mendukung kesehatan jantung.

Untungnya, bagi pencinta kacang kenari, tindakan sederhana seperti memasukkan satu porsi kenari, hanya satu genggam (28,3 gram) dalam diet setiap hari dapat membantu mendukung kesehatan jantung.

Kacang kenari adalah satu-satunya kacang pohon yang merupakan sumber asam lemak esensial omega-3 nabati yang sangat baik, yakni alfa-linolenat (ALA).

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.