Kompas.com - 14/02/2022, 14:03 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Awal mula hadirnya cincin pertunangan sebenarnya tidak begitu romantis. Apa yang kita anggap sebagai simbol cinta selama ini tidak lebih dari tanda kepemilikan di zaman kuno.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, cincin pertunangan semakin banyak diminati sebagai bentuk ungkapan rasa cinta bagi setiap orang yang ingin melamar pasangannya menuju ke pelaminan.

Nah, dilansir dari laman Brides, berikut ini terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai sejarah dan makna sebenarnya dari cincin pertunangan yang perlu kita ketahui.

Tanda kepemilikan di zaman kuno

Menurut Gemological Institute of America (GIA), di zaman Roma Kuno, wanita Romawi akan mengenakan cincin dari gading, batu, tulang, tembaga, dan besi untuk menandakan kontrak bisnis atau menegaskan cinta dan kepatuhan pada seseorang.

Cincin emas yang kemudian ditemukan di reruntuhan Pompeii menunjukkan bahwa logam mengilap bisa dijadikan bahan pilihan cincin di era berikutnya.

Baca juga: 7 Cincin Pertunangan Bangsawan Inggris, Mewah Sekaligus Sarat Makna

Sampai akhirnya di tahun 850, cincin pertunangan diberi arti resmi, di mana Paus Nicholas I menyatakan bahwa cincin pertunangan mewakili niat seorang pria untuk menikah dan emas dipilih sebagai bahan paling populer untuk cincin pertunangan pada saat itu.

Sementara itu, berlian pertama kali muncul pada cincin pertunangan pada tahun 1477 ketika Archduke Maximilian dari Austria melamar Maria dari Burgundy.

Menurut GIA, cincin itu menampilkan berlian panjang yang dipasang dalam bentuk "M".

Kebangkitan cincin berlian

Cincin berlian koleksi dari Mondial dapat dijadikan hadiah anniversary.Dok. Mondial Cincin berlian koleksi dari Mondial dapat dijadikan hadiah anniversary.
Meskipun Archduke adalah orang pertama yang melamar dengan cincin berlian, namun dia sama sekali bukanlah orang yang mempopulerkannya.

Faktanya, cincin pertunangan berlian tidak menjadi populer sampai tahun 1947 ketika De Beers, perusahaan Inggris yang menambang berlian di Afrika Selatan, meluncurkan kampanye iklan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.