Kompas.com - 14/02/2022, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah telah memulai program vaksinasi dosis lanjutan atau booster sejak tanggal 12 Januari lalu.

Pemberian vaksin booster dilakukan usai pemerintah mendapat lampu hijau dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Dilansir dari Antara, Ketua ITAGI Sri Rezeki mengatakan, pemberian vaksin booster kepada masyarakat ditujukan untuk mempertahankan daya tahan tubuh terhadap virus corona.

Walau diyakini memberikan perlindungan ekstra, terutama dalam menghadapi varian baru Covid-19, temuan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS bisa dijadikan pembelajaran.

Pasalnya, CDC mengemukakan temuan awal bahwa suntikan vaksin booster selama gelombang Omicron baru-baru ini di AS memperlihatkan penurunan efektivitas.

Walau demikian, CDC mengatakan bahwa vaksin booster masih mampu memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

CDC dalam laporannya secara terbatas menyelisik daya tahan perlindungan vaksin booster selama lonjakan kasus Omicron dari bulan Desember-Januari.

“Vaksin booster tetap aman dan terus menjadi sangat efektif melawan penyakit parah dari waktu ke waktu,” kata juru bicara CDC, Kristen Nordlund.

Adapun dalam studi ini, para peneliti mengamati kunjungan pasien ke rumah sakit dan pusat perawatan darurat di 10 negara bagian.

Mereka melihat seberapa baik vaksin booster Pfizer dan Moderna dalam mencegah pasien dirawat di pusat perawatan darurat.

Halaman:
Sumber Today


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.