Kompas.com - 14/02/2022, 19:48 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengubah esensi mencari kerja bagi para lulusan baru atau fresh graduate.

Fresh graduate kini menghadapi tantangan yang lebih berat dan penuh dengan ketidakpastian dalam mendapatkan pekerjaan pertamanya.

Melihat tak sedikit perusahaan terpaksa gulung tikar karena terdampak pandemi dan tingginya angka PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) membuat persaingan dalam mencari kerja jadi lebih sengit.

Tanpa memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, hal penting yang perlu diterapkan bagi para lulusan baru ini adalah membedakan diri dengan pelamar lain yang memiliki pengalaman.

Baca juga: Agar Sukses Mencari Kerja, Fresh Graduate Perhatikan 3 Hal Ini

Mengapa demikian? Ini diperlukan biar kita tidak overthinking dan stres.

Tetap semangat dalam mencari kerja, dan tak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips mencari kerja untuk fresh graduate berikut ini biar cepat mendapat pekerjaan sebagaimana dilansir School Finders.

1. Tinjau lagi Curriculum Vitae dan surat lamaran

Selama pandemi, sebagian besar lamaran pekerjaan beralih ke virtual. Fresh graduate tidak perlu repot door to door melamar pekerjaan di perusahaan impian.

Salah satu modal yang bisa kita siapkan untuk melamar kerja adalah curriculum vitae atau CV dan surat lamaran pekerjaan.

Tinjau lagi CV dan surat lamaran kerja dan masukkan semua data terbaru di dalamnya. Jika ada keterampilan atau kegiatan yang tengah ditekuni, masukkan saja ke dalam CV dan ini bisa jadi nilai lebih.

2. Bikin profil Linkedin lebih menarik

Linkedin merupakan salah satu platform media sosial bagi para profesional. Di dalamnya, banyak akun rekruter yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan mereka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.