Kompas.com - 14/02/2022, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Kolesterol adalah senyawa lilin yang ditemukan dalam darah dan berfungsi untuk membangun sel-sel yang sehat.

Walau memiliki manfaat baik bagi tubuh, tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan ini berbahaya bagi mereka yang telah berusia 50 tahun ke atas.

Hal ini dapat disebabkan oleh faktor genetika, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berat, dan penambahan berat badan secara berlebihan.

Nah, karena kolesterol tinggi tidaklah baik bagi orang-orang yang sudah menginjak usia kepala 5, tentu mereka harus mengasup makanan yang dapat mengatasi masalah ini.

Dilansir dari Eat This, simak makanan apa saja yang dapat menurunkan kolesterol berikut ini

1. Makan lebih banyak serat larut

Serat larut yang dapat kita temukan pada gandum, buah-buahan seperti apel dan pir, dan banyak jenis kacang-kacangan, adalah nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Hal tersebut diungkapkan oleh Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis "The Sports Nutrition Playbook".

“Ini adalah salah satu faktor terbesar yang dapat membantu menurunkan kolesterol karena serat larut dalam air membentuk bahan seperti gel yang dapat mengikat kolesterol,” jelasnya.

"Caranya adalah makan 25-38 gram serat sehari dan membuat 5-10 gram itu berasal dari serat larut."

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tunda Penuaan bagi Pria di Atas 50 Tahun

2. Pilih lemak yang lebih sehat

Menurut Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, salah satu kebiasaan makan terbaik untuk menurunkan kolesterol setelah usia 50 tahun adalah mengganti lemak tidak sehat dengan yang lebih sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.