Kompas.com - 15/02/2022, 10:42 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segudang pertanyaan mungkin bakal diberikan rekruter saat wawancara kerja.

Mulai dari perkenalan diri, kompetensi bekerja, hingga kepribadian. Kemudian ketika semuanya sudah dijawab mulus, muncul pertanyaan terakhir seperti "ada pertanyaan lain untuk kami?"

Nah, pertanyaan seperti itu harus dijawab dengan respons yang bijak. Kita disarankan untuk tidak langsung mengakhiri pembicaraan dengan jawaban "Tidak, penjelasan tadi sudah cukup".

Perlu diingat, jangan pernah melewatkan untuk bertanya di sesi terakhir wawancara.

Direktur Eksekutif dari Career Services di the University of Maryland’s Robert H. Smith School of Business mengatakan, mengajukan pertanyaan lain kepada rekruter dapat menunjukkan bahwa kita berminat dengan posisi yang diincar.

Setidaknya dua sampai tiga pertanyaan tambahan bisa memberi kita nilai lebih di mata rekruter. Tapi sebaliknya, terlalu banyak pertanyaan justru membuat rekruter bosan dan risih.

Bijak dalam memberi respons ini yang menjadi kunci sukses dalam interview kerja.

Sebagaimana dikutip USA Today, sejumlah pertanyaan lain di bawah ini mungkin bisa jadi inspirasi kita dalam menjawab pertanyaan terakhir itu di sesi wawancara kerja.

Baca juga: Tips Jawab soal Kelebihan dan Kekurangan saat Wawancara Kerja

1. Tanyakan rencana ke depan perusahaan

Pertanyaan tersebut tentu dengan mudah dijawab oleh rekruter. Ini menunjukkan bahwa kita tertarik dengan visi dan misi perusahaan.

Berikan pula respons yang baik saat mendengar jawaban dari rekruter. Jangan sesekali memotong pembicaraan dengan tanggapan pribadi soal rencana perusahaan, ya!

Halaman:


Video Pilihan

Sumber USA Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.