Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugup Saat Wawancara Kerja, Ini 3 Cara Jitu Mengatasinya

Kompas.com - 16/02/2022, 10:10 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gugup saat wawancara kerja merupakan hal yang wajar. Apalagi jika kita benar-benar menginginkan pekerjaan itu.

Terkadang, overthinking pada setiap pertanyaan yang bakal muncul saat wawancara nanti bisa membuat kita cemas seharian.

Untuk mengurangi kecemasan yang memicu gugup saat wawancara kerja, berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar kecemasan dan gugup tidak muncul.

Baca juga: Tips Wawancara Kerja Virtual agar Terlihat Profesional di Depan Kamera

1. Persiapkan semuanya dengan matang

Sebagaimana dikutip Resume Coach, langkah yang bisa membuat kita lebih tenang saat menghadapi interview kerja adalah persiapan yang matang.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain riset segala informasi tentang perusahaan yang diincar, berkas yang dibutuhkan, deskripsi pekerjaan yang diincar, hapalkan isi resume atau CV hingga pilihan pakaian yang nyaman.

Hindari terlalu pede dan cuek dengan segala persiapan di atas. Paling tidak siapkan semuanya satu hari sebelum wawancara kerja untuk menghindari tergesa-gesa di hari H.

2. Percaya diri

Masuk ke ruangan atau ke ruang virtual (jika interview dilakukan secara daring) dengan percaya diri. Nah, poin pertama tadi secara tidak langsung bisa menunjang rasa percaya diri kita saat wawancara kerja.

Lagi pula apa yang perlu dikhawatirkan kalau kita sudah punya bekal yang cukup? Tersenyumlah sebelum wawancara dimulai.

Cairkan suasana dengan cara natural. Beri kesan pertama yang positif kepada lawan bicara.

Baca juga: 3 Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja, Jangan Asal Jawab

3. Perhatikan cara bicara dan atur napas

Perasaan cemas dapat meningkatkan detak jantung yang berujung pada kepanikan. Jika ini terjadi sebelum atau selama wawancara, tarik napas dalam-dalam perlahan melalui hidung dan hembuskan dari mulut. Ulangi cara ini tiga kali atau sampai detak jantung terasa lebih tenang.

Usahakan jangan bicara terlalu cepat. Atur intonasi agar apa yang kita sampaikan ditangkap dengan baik oleh lawan bicara.

Begitu juga pada saat menjawab segudang pertanyaan yang diberikan. Jika ada pertanyaan yang bikin kita nge-blank, coba tarik napas panjang, tenangkan diri, jawab semua pertanyaan dengan perlahan dan singkat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com