Kompas.com - 16/02/2022, 10:10 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gugup saat wawancara kerja merupakan hal yang wajar. Apalagi jika kita benar-benar menginginkan pekerjaan itu.

Terkadang, overthinking pada setiap pertanyaan yang bakal muncul saat wawancara nanti bisa membuat kita cemas seharian.

Untuk mengurangi kecemasan yang memicu gugup saat wawancara kerja, berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar kecemasan dan gugup tidak muncul.

Baca juga: Tips Wawancara Kerja Virtual agar Terlihat Profesional di Depan Kamera

1. Persiapkan semuanya dengan matang

Sebagaimana dikutip Resume Coach, langkah yang bisa membuat kita lebih tenang saat menghadapi interview kerja adalah persiapan yang matang.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain riset segala informasi tentang perusahaan yang diincar, berkas yang dibutuhkan, deskripsi pekerjaan yang diincar, hapalkan isi resume atau CV hingga pilihan pakaian yang nyaman.

Hindari terlalu pede dan cuek dengan segala persiapan di atas. Paling tidak siapkan semuanya satu hari sebelum wawancara kerja untuk menghindari tergesa-gesa di hari H.

2. Percaya diri

Masuk ke ruangan atau ke ruang virtual (jika interview dilakukan secara daring) dengan percaya diri. Nah, poin pertama tadi secara tidak langsung bisa menunjang rasa percaya diri kita saat wawancara kerja.

Lagi pula apa yang perlu dikhawatirkan kalau kita sudah punya bekal yang cukup? Tersenyumlah sebelum wawancara dimulai.

Cairkan suasana dengan cara natural. Beri kesan pertama yang positif kepada lawan bicara.

Baca juga: 3 Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja, Jangan Asal Jawab

3. Perhatikan cara bicara dan atur napas

Perasaan cemas dapat meningkatkan detak jantung yang berujung pada kepanikan. Jika ini terjadi sebelum atau selama wawancara, tarik napas dalam-dalam perlahan melalui hidung dan hembuskan dari mulut. Ulangi cara ini tiga kali atau sampai detak jantung terasa lebih tenang.

Usahakan jangan bicara terlalu cepat. Atur intonasi agar apa yang kita sampaikan ditangkap dengan baik oleh lawan bicara.

Begitu juga pada saat menjawab segudang pertanyaan yang diberikan. Jika ada pertanyaan yang bikin kita nge-blank, coba tarik napas panjang, tenangkan diri, jawab semua pertanyaan dengan perlahan dan singkat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.