Kompas.com - 16/02/2022, 16:33 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak didirikan pada tahun 2003, kini Linkedin telah menjelma menjadi sebuah jejaring sosial yang memungkinkan kita sebagai pencari kerja mencari peluang baru.

Berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook, Twitter atau Instagram, biasanya para pengguna memanfaatkan Linkedin untuk berbagi informasi, membangun bisnis, peluang kerja, mencari partner kerja hingga mendapatkan tawaran kerja.

Berkaitan dengan mencari peluang profesional baru tersebut. Apa benar aktif di Linkedin bisa membuat kita mudah mendapatkan tawaran kerja?

Baca juga: Cara Maksimalkan Akun LinkedIn untuk Kemajuan Karier

Milka Santoso, seorang HR Consultant pun mengakui hal tersebut. Ia menyampaikan, aktif di Linkedin memungkinkan profil kita sebagai jobseeker dilirik oleh rekruter atau profesional lain hingga membuka kesempatan baru.

"Saya sendiri beberapa kali mendapat tawaran pekerjaan, baik sebagai karyawan tetap maupun sebagai konsultan dari orang-orang yang mengenal saya, melalui tulisan-tulisan saya di Linkedin," tulis Milka Santoso.

Namun, aktif di Linkedin tidak sekadar aktif. Ada beberapa cara untuk meningkatkan peluang kita dalam mendapatkan tawaran kerja. Salah satunya dengan mengunggah tulisan yang bermanfaat.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuka peluang baru, sebagaimana disampaikan Milka Santoso.

1. Buat tulisan informatif dan bermanfaat

Di platform tersebut, kita dapat mengunggah tulisan yang informatif dan bermanfaat untuk dibagikan kepada pengguna lain.

Milka menyebut tulisan yang menggambarkan pengalaman, pengetahuan atau skill yang kita miliki dapat memiliki nilai lebih. Apalagi jika kita dapat menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari atau fenomena yang lagi tren saat ini.

2. Mention atau tag influencer di Linkedin belum tentu membantu

Tidak seperti jejaring sosial lain, jika kita mengunggah sesuatu dan mention atau tag pengguna lain, maka notifikasi akan muncul.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.