Kompas.com - 17/02/2022, 06:06 WIB

KOMPAS.com - Walau sedari kecil kita sudah diajari oleh orang tua dan guru untuk sarapan sebelum beraktivitas, nyatanya rutinitas ini kerap diabaikan saat beranjak dewasa.

Mereka yang tidak sarapan beralasan makan di pagi hari membuat perut terasa tidak nyaman, menimbulkan keinginan buang air besar, hingga tidak memiliki cukup waktu.

Padahal, sarapan sebelum berangkat sekolah atau kerja -ditambah mengasup gizi yang cukup- memberi tubuh segudang manfaat.

Manfaat sarapan

Rutinitas yang kerap diabaikan ini ternyata baik bagi kesehatan sebab mampu menurunkan risiko diabetes hingga memberi tubuh energi sepanjang hari.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan ahli diet dari Cleveland Clinic, Beth Czerwony, RD berikut ini.

1. Memberi energi

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa sarapan berguna memberi energi agar kita dapat menjalani hari dan membantu tubuh melakukan yang terbaik.

Dalam hal ini, Czerwony mengibaratkan sarapan seperti mengisi tanki bahan bakar mobil. Tubuh akan mampu bergerak maksimal jika memiliki "bahan bakar".

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Pagi hari merupakan waktu yang krusial sebab tubuh paling sensitif terhadap insulin. Pada saat ini tubuh menggunakan gula darah lebih efektif.

Momen ini bisa dimanfaatkan dengan mengasup karbohidrat mengandung serat agar kita mendapatkan 25 gram atau lebih serat makanan sehari supaya kolesterol turun.

3. Menurunkan risiko diabetes

Sebuaah studi observasional mendapati orang yang tidak sarapan 4-5 hari dalam seminggu, risiko terkena diabetes tipe 2 naik menjadi 55 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.