Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami dan Kenali, 5 Bahasa Cinta dalam Hubungan Asmara

Kompas.com - 17/02/2022, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbicara atau membisikkan hal-hal manis adalah beberapa cara kita mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan.

Tetapi tidak hanya itu, ternyata ada juga cara lain bagi kita untuk dapat mengomunikasikan kasih sayang dengan menggunakan bahasa cinta.

Menurut seorang pakar hubungan, Lee Wilson, pasangan dapat merayakan cinta mereka setiap hari dengan memahami bahasa cinta dalam hubungan mereka.

Baca juga: Memahami Love Language, Kekuatan Bahasa Cinta di dalam Hubungan...

"Memberikan pelayanan, kata-kata pujian, hadiah, dan sentuhan fisik, serta meluangkan waktu yang berkualitas adalah beberapa bahasa cinta utama yang harus diperhatikan oleh pasangan saat ini," kata dia.

Lee juga mengungkapkan, memahami bahasa cinta pasangan adalah kunci untuk membina ikatan yang kuat dan langgeng dalam hubungan asmara.

Pentingnya bahasa cinta

Banyak orang akan meninggalkan pernikahan atau hubungan serius ketika mereka tidak merasa dicintai atau tidak merasa disukai.

"Sering kali, saya memiliki klien pasangan yang salah satu dari mereka mengira mereka sedang mengomunikasikan cinta, tetapi mereka tidak benar-benar merasa dicintai dan akhirnya meninggalkan hubungan itu," kata Wilson.

"Jadi, penting bagi pasangan untuk saling mencintai dengan cara yang tepat."

"Sebab, jika ada yang merasa tidak terpenuhi, tidak diinginkan, dan tidak dicintai, jalan untuk mempertahankan hubungan juga akan sulit," sambung dia.

Jenis-jenis bahasa cinta

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat uraian secara singkat jenis-jenis bahasa cinta, serta tips tentang bagaimana pasangan dapat menggunakannya untuk terhubung sama lain.

• Melayani (acts of service)

Melayani adalah sesuatu yang tidak harus kita lakukan atau mungkin sulit dilakukan, tetapi cinta memaksa kita melakukannya untuk orang yang sangat kita sayangi.

Adapun contoh tindakan melayani antara lain memasak makanan, membantu pasangan membersihkan rumah, memijat, dan sebagainya.

Biasanya, seseorang yang memiliki bahasa cinta melayani juga akan merasakan cinta dari kita ketika kita memberikan tindakan pelayanan kepada seseorang yang dekat dengannya seperti orangtua.

Baca juga: Penting, Kenali Bahasa Cinta dari Pasangan

Jadi, jika kita membantu ibu pasangan kita, kemungkinan besar pasangan kita akan merasakan cinta yang terpancar dari kita.

Khusus untuk pria, jika pacar atau istri memiliki tindakan melayani sebagai bahasa cintanya, jangan pernah memulai kencan dengan menanyakan apa yang ingin dia lakukan. Ambil inisiatif dan rencanakan malam itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com