Kompas.com - 17/02/2022, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Seorang model majalah dewasa Novi Amelia tewas bunuh diri dengan cara melompat dari lantai VII Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022).

Semasa hidup, wanita pemilik nama asli Linda Astuti itu diketahui memiliki sejumlah masalah kesehatan mental, mulai dari gejala depresi hingga skizofrenia.

Menurut kuasa hukum Novi di tahun 2012, Chris Sam Sewu, kliennya pernah menjalani perawatan kejiwaan.

Perawatan dilakukan karena masalah depresi dan gangguan kejiwaan yang kerap membuatnya terlibat dalam berbagai masalah.

"Novi pernah berobat menjalani pemeriksaan kejiwaan beberapa tahun lalu," ujar Chris seperti yang pernah dilansir Kompas.com.

Baca juga: Beban Berat Novi Amelia Semasa Hidup sampai Ditemukan Bunuh Diri

Chris kala itu juga mengungkapkan, Novi yang memulai karier sebagai model di tahun 2004 pernah beberapa kali berkonsultasi ke psikiater.

Dia menanyakan soal munculnya suara-suara yang kerap didengar, dan kondisi ini dikenal sebagai salah satu gejala skizofrenia.

Lantas, apa sebenarnya gangguan skizofrenia itu? Apa gejala, penyebab, serta perawatan seperti apa yang harus dilakukan untuk orang-orang yang mengidap skizofrenia?

Mengenal skizofrenia

Skizofrenia didefinisikan sebagai gangguan kejiwaan kronis. Orang dengan gangguan ini biasanya akan mengalami distorsi realitas, sering kali dalam bentuk delusi atau halusinasi.

Meskipun perkiraan yang tepat sulit diperoleh, skizofrenia dapat memengaruhi kurang dari satu persen populasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.