Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Cuma untuk Kulit, Kenali Apa Saja Manfaat Vitamin E

Kompas.com - 17/02/2022, 18:10 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Vitamin E merupakan mineral yang larut dalam lemak serta sumber antioksidan yang bisa kita temukan dalam buah dan sayuran.

Kecukupan vitamin E dalam tubuh bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan kulit, hingga mengurangi risiko penyakit demensia.

Untuk kulit, vitamin ini bisa menjaga kekencangan kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin E juga bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi atau bercak hitam di kulit akibat sinar ultraviolet. Agar efektif, pengunaan vitamin E untuk hiperpigmentasi perlu ditunjang dengan vitamin C.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E merupakan antioksidan, yang fungsinya adalah mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain berasal dari hasil reaksi kiami dalam tubuh, radikal bebas juga berasal dari faktor luar, seperti asap rokok dan polusi udara.

Ketika sel-sel mengalami kerusakan akibat radikal bebas, risiko terkena penyakit demensia dan Alzheimer pun meningkat.

Baca juga: 5 Cara Menekan Risiko Demensia, Pikun yang Bisa Melanda Anak Muda

Penelitian tahun 2018 terhadap sekitar 1000 pasien penyakit jantung menunjukkan, konsumsi vitamin E yang rendah meningkatkan penuaan sel tubuh.

Di masa pandemi ini, kita juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kebutuhan vitamin E

Kebutuhan vitamin E bervariasi tergantung usia. Kita bisa memenuhinya dari asupan makanan yang bergizi seperti konsumsi ikan berlemak, buah alpukat, minyak biji matahari, atau pun kacang almond.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin. Sebaiknya pilih produk yang juga memiliki kandungan multivitamin dan mineral.

Konsumsi suplemen vitamin E sebaiknya tak lebih dari 1000 miligram per hari. Meski jarang, namun kelebihan vitamin ini bisa menimbulkan efek mual dan lelah, bahkan mengurangi kemampuan pembekuan darah.

Baca juga: 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E yang Harus Diwaspadai

Salah satu suplemen vitamin E yang baru diluncurkan adalah Pyfahealth Vitamin E 100 IU dari PT.Pyridam Farma Tbk.

"Vitamin E 100 IU merupakan vitamin yang dapat memaksimalkan kesehatan kulit, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, dan menyembuhkan kram betis yang biasa terjadi pada ibu hamil atau wanita yang banyak beraktivitas," kata Head of Consumer Health Pyridam Farma, Andrey Septiana.

Selain Vitamin E 100 IU, Pyfahealth juga mengeluarkan multivitamin dan mineral yang dapat membantu konsumen untuk meningkatkan imunitas kesehatannya.

Multivitamin tersebut terdiri dari Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D3, E, Nicotinamide, Calcium Pantothenate, Biotin, Zinc, Magnesium, dan masih banyak lagi kandungan bermanfaat lainnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com