Kompas.com - 17/02/2022, 18:10 WIB

KOMPAS.com - Vitamin E merupakan mineral yang larut dalam lemak serta sumber antioksidan yang bisa kita temukan dalam buah dan sayuran.

Kecukupan vitamin E dalam tubuh bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan kulit, hingga mengurangi risiko penyakit demensia.

Untuk kulit, vitamin ini bisa menjaga kekencangan kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin E juga bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi atau bercak hitam di kulit akibat sinar ultraviolet. Agar efektif, pengunaan vitamin E untuk hiperpigmentasi perlu ditunjang dengan vitamin C.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E merupakan antioksidan, yang fungsinya adalah mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain berasal dari hasil reaksi kiami dalam tubuh, radikal bebas juga berasal dari faktor luar, seperti asap rokok dan polusi udara.

Ketika sel-sel mengalami kerusakan akibat radikal bebas, risiko terkena penyakit demensia dan Alzheimer pun meningkat.

Baca juga: 5 Cara Menekan Risiko Demensia, Pikun yang Bisa Melanda Anak Muda

Penelitian tahun 2018 terhadap sekitar 1000 pasien penyakit jantung menunjukkan, konsumsi vitamin E yang rendah meningkatkan penuaan sel tubuh.

Di masa pandemi ini, kita juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kebutuhan vitamin E

Kebutuhan vitamin E bervariasi tergantung usia. Kita bisa memenuhinya dari asupan makanan yang bergizi seperti konsumsi ikan berlemak, buah alpukat, minyak biji matahari, atau pun kacang almond.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin. Sebaiknya pilih produk yang juga memiliki kandungan multivitamin dan mineral.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.