Kompas.com - 17/02/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Inflamasi atau peradangan merupakan mekanisme yang diperlukan tubuh untuk melawan penyakit, menyembuhkan luka, serta mencegah infeksi.

Namun, peradangan yang kronis justru dapat bermasalah dan membahayakan kesehatan kita.

"Banyak penyakit kronis yang dikaitkan dengan peradangan seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, alzheimer, kanker, dan radang sendi," kata Ale Zozos, pakar nutrisi dan ahli diet.

Peradangan tingkat rendah yang terjadi secara terus-menerus akan mengganggu kondisi tubuh dan melemahkan sistem kekebalan.

Secangkir teh diketahui dapat membantu meredakan peradangan, karena mengandung senyawa anti-inflamasi.

Baca juga: Teh Hijau, Minuman Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?

"Kadar senyawa anti-inflamasi dari satu teh dengan teh lain bervariasi, namun diperkirakan kebanyakan teh memiliki lebih dari delapan kali antioksidan yang terdapat pada buah dan sayuran."

"Studi menunjukkan individu yang rutin minum teh hijau atau teh hitam terbukti menurunkan kadar protein C-reaktif, yang merupakan penanda peradangan dalam tubuh," kata dia.

McDowell juga mengingatkan pentingnya menerapkan pola makan yang sehat, tidak hanya mengandalkan teh.

"Untuk mengurangi peradangan kronis, cobalah berfokus pada pola makan yang sarat akan buah-buahan kaya nutrisi, sayuran, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan daripada berfokus pada satu makanan super."

Berikut ini adalah tujuh teh yang dapat mengurangi peradangan tubuh:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.