Kompas.com - 18/02/2022, 06:58 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Depresi termasuk ke dalam gangguan mental yang dapat berpengaruh pada produktivitas seseorang.

Menurut WHO, dampak dari depresi bisa bertahan lama atau kembali kambuh jika tidak mendapat penanganan yang tepat.

Bahkan, pada kasus tertentu, gangguan kesehatan mental satu ini bisa memicu keinginan bunuh diri.

Baca juga: Profil Novi Amelia, Model yang Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Seperti yang dialami model Novi Amelia yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Ia ditemukan meninggal dunia setelah loncat dari lantai 8 di Apartemen Kalibata, Jakarta Selatan. Pihak kepolisian menduga aksi nekatnya itu disebabkan oleh depresi. 

"Keinginan bunuh diri dan tindakan mencoba bunuh diri itu sudah termasuk dalam salah satu gejala depresi," jelas Psikolog Klinis, Ikhsan Bella Persada, M. Psi., kepada Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Perlu diketahui, orang dengan depresi cenderung sulit menjalani kehidupan seperti biasa dan bisa melakukan tindakan yang membahayakan keselamatannya.

Karenanya, penting mengetahui tanda-tanda depresi dalam diri kita atau orang lain sebagai langkah pencegahan dampak depresi yang ekstrem.

"Paling utama itu kita kenali dulu ciri-ciri kondisi mental sedang tidak baik-baik saja. Sadari banyak aspek dalam diri yang terganggu," tambahnya.

Sejumlah perilaku yang menjadi tanda bahwa kesehatan mental tidak dalam keadaan baik adalah sulit berkonsentrasi karena selalu memikirkan masalah.

Baca juga: Keinginan Bunuh Diri Bisa Muncul akibat Depresi, Harus Bagaimana?

Kemudian, merasa hopeless atau tidak berdaya, ketidakstablian mood, kelelahan, perubahan pola tidur, hingga muncul anggapan tidak ada jalan keluar dari masalah menjadi contoh lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.