Kompas.com - 18/02/2022, 09:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Model Novi Amelia meninggal dunia setelah lompat dari lantai 8 Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022).

Pemilik nama lengkap Linda Astuti ini disebut memiliki gangguan kesehatan mental seperti stres, depresi hingga beberapa gangguan seperti mendengar suara-suara aneh yang dikenal sebagai gejala skizofrenia.

"Novi pernah menjalani pemeriksaan kejiwaan beberapa tahun lalu," ujar Chris Sam Sewu, kuasa hukum Novi di tahun 2012, seperti diberitakan Kompas.com.

Menurut Chris, Novi sempat mengunjungi psikiater beberapa kali untuk konsultasi terkait gangguan mental yang dialami.

Baca juga: Mengenal Skizofrenia, Penyakit Novi Amelia Sebelum Bunuh Diri

Skizofrenia dan keinginan bunuh diri

Orang dengan gangguan kesehatan mental memiliki kecenderungan untuk melakukan hal nekat, termasuk pada pasien skizofrenia yang berisiko untuk bunuh diri.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan JAMA Psychiatry, ada peningkatan risiko bunuh diri 4,5 kali lipat pada pasien skizofrenia usia 18-34 tahun ketimbang populasi umum. Risiko tersebut menurun pada pasien yang lebih tua.

Lantas apa kaitannya antara skizofrenia dan risiko bunuh diri?

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Klinis, Ikhsan Bella Persada, M. Psi., mengatakan keinginan bunuh diri pada pasien skizofrenia umumnya disebabkan oleh tekanan dan masalah hidup.

"Mereka yang mengalami skizofrenia itu umumnya dikarenakan ada tekanan yang kuat atas masalah yang dialami oleh mereka. Ketika tekanan tersebut tidak bisa ditoleransi akhirnya bisa menimbulkan putusnya kontak realitas dengan dunia," katanya kepada Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Seperti diketahui, skizofrenia dapat didefiniskan sebagai gangguan kesehatan mental yang membuat penderitanya tidak bisa membedakan mana khayalan dan kenyataan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.