Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Mitos Soal Anti-aging yang Tak Perlu Dikhawatirkan

Kompas.com - 18/02/2022, 10:01 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika bicara soal perawatan kulit, terutama dalam masalah anti-aging atau penuaan dini, rumor dan mitos terkait hal itu bukan lagi hal aneh.

Mitos itu acap kali membuat keinginan menjaga kulit agar tetap muda terasa menyeramkan.

Nah agar tidak salah informasi dalam menggunakannya, sebaiknya ketahui apa saja mitos-mitos soal anti-aging yang tak perlu dikhawatirkan, seperti berikut ini.

Kerutan adalah tanda pertama penuaan

Banyak dokter kulit yang meyakini bahwa tanda-tanda penuaan seperti berkurangnya elastisitas kulit, garis halus, serta perubahan warna dan tekstur akan muncul lebih dulu sebelum kerutan.

"Saya kira bintik hitam dan rendahnya volume wajah adalah tanda penuaan yang harus disadari pertama kali,” ujar dokter kulit bersertifikat Jason Emer, MD.

Bahkan menurutnya, banyak orang telah mengalami tanda ini sejak usia 20 tahunan.

Jadi intinya, tak ada kata terlalu cepat untuk memulai rutinitas anti penuaan. Malah, perbedaan besar pun akan terlihat jika kita melakukannya sejak dini.

Penuaan ditentukan oleh gen

Ini tidak sepenuhnya benar. Alasannya, penuaan ditentukan oleh dua faktor, yaitu intrinsik (dari dalam) dan ekstrinsik (dari luar).

Menurut dokter kulit bersertifikat asal New York Joshua Zeichner, penuaan intrinsik memang mengacu pada kecenderungan genetik seseorang.

Namun, faktor ekstrinsik yang mengacu pada percepatan proses penuaan alami karena faktor lingkungan seperti sinar UV dan polusi pun berpengaruh.

“Terlepas dari gen, faktor ekstrinsik dapat menyebabkan penuaan yang buruk, bahkan pada pemilik gen yang baik,” ujarnya.

Baca juga: 5 Jus Terbaik untuk Memperlambat Proses Penuaan

Chemical peel merusak kulit

Menurut ahli bedah plastik asal New York, Konstantin Vasyukevich, MD, beberapa chemical peel memang dapat merusak kulit.

Namun, peel kekinian umumnya memiliki formula lebih lembut sehingga tidak merusak kulit asalkan pemakaiannya sesuai.

Jadi, jika kamu ingin melakukan peeling, pastikan bahwa itu dilakukan oleh seorang ahli bedah plastik agar bisa menanyakan berbagai hal.

Sunscreen hanya dipakai saat terpapar matahari langsung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com