Kompas.com - 18/02/2022, 12:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jangan anggap sepele ketika kita tahu ada kerabat dekat yang lagi stres atau depresi dengan segala masalah hidupnya.

Terlebih jika ia pernah mengatakan sesuatu yang berhubungan dengan bunuh diri, atau bahkan serius ingin melakukannya.

Orang yang memikirkan hal itu kebanyakan tidak membutuhkan bantuan dari kita karena mereka sulit mendengarkan nasehat orang lain.

Tapi bukan berarti dia tak perlu ditolong. Kita sebagai kerabat dekat harus segera bertindak demi keselamatannya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan jika ada dalam kondisi tersebut.

Baca juga: Keinginan Bunuh Diri Bisa Muncul akibat Depresi, Harus Bagaimana?

1. Cari tahu akar masalahnya

Psikolog Klinis, Ikhsan Bella Persada, M. Psi., mengatakan, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurungkan niatnya bunuh diri adalah dengan menjadi pendengar yang baik.

"Saat ada orang terdekat yang ingin bunuh diri, kita bisa tanyakan mengenai pikiran bunuh dirinya," jelasnya kepada Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Ketika sudah paham dengan motif dan segala permasalahan yang tengah dia hadapi. Hindari memberi respons seolah menyalahkan dan menghakimi.

Sebaiknya ajak bicara dari hati ke hati. Tunjukkan bahwa kita peduli dengan kondisinya saat ini.

2. Jadi pendengar yang baik

Seperti kita tahu, seseorang yang memiliki kecenderungan untuk bunuh diri mengalami beban pikiran yang berat, sehingga membuatnya tak punya pilihan untuk menghadapi masalah, selain memilih untuk mengakhiri nyawa.

Kita sebagai kerabat dekat hanya perlu mendengar segala keluh kesahnya saja dan jangan lantas menawarkan solusi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.