Kompas.com - 18/02/2022, 15:34 WIB

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan "silent killer" karena banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit ini.

Mereka yang tidak sadar berisiko hipertensi baru menyadarinya setelah melakukan pemeriksaan kesehatan atau didiagnosis menderita komplikasi penyakit.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan hipertensi antara lain keturunan, usia, makan makanan tinggi garam, dan kelebihan berat badan.

Sayangnya penyebab hipertensi tidak dipahami secara luas.

Hal itu dikatakan Dr. Sameer K. Mehta, Presiden Denver Heart dan Direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Rose Medical Center dan Swedish Medical Center.

"Pada 5-10 persen pasien, berbagai penyebab menjadi pelakunya, termasuk penyempitan arteri ginjal, tiroid terlalu atau kurang aktif, penyakit ginjal, dan gangguan endokrin langka lainnya," kata Dr. Mehta.

Cara menurunkan tekanan darah

Hipertensi patut diwaspadai karena dapat mengakibatkan stroke dan komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal.

Di sisi lain, penyakit tekanan darah tinggi ini juga bisa dialami siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Nah, karena hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya, ada baiknya kita segera mengatasinya, apalagi jika mengidap hipertensi karena faktor keturunan.

Agar lebih jelas, simak 5 cara menurunkan tekanan darah yang berikut ini.

Olahraga seperti berjalan, jogging, berlari, atau bersepeda, dapat mencegah hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa. i yunmai Olahraga seperti berjalan, jogging, berlari, atau bersepeda, dapat mencegah hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.