Kompas.com - 19/02/2022, 15:18 WIB

KOMPAS.com - Aritmia atau gangguan irama jantung juga bisa dialami oleh bayi hingga anak remaja. Orangtua sebaiknya waspada jika anak mengeluhkan jantung berdebar kencang, pusing, sering pingsan, hingga nyeri pada dada.

Dijelaskan oleh dokter spesialis jantung dr.Dicky Armein Hanafy, aritmia juga bisa terjadi pada anak yang terlihat sehat.

"Tidak selalu ada keluhan kalau masih derajat satu atau dua. Aritmia juga bisa memperberat kondisi jika anak punya riwayat sakit jantung bawaan," kata Dicky dalam acara webinar yang diadakan oleh Heartology Cardiovascular Center Jakarta (19/2).

Ia mengatakan, tidak semua kelainan irama jantung perlu dikhawatirkan. Terkadang ada jenis aritmia yang tidak berbahaya.

"Yang penting apakah kelainan irama jantung ini disertadi dengan keluhan atau tidak," katanya.

Baca juga: Berbagai Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB) pada Bayi dan Anak

dr.Dicky Armein Hanafy (kiri) sedang melakukan operasi.Heartology dr.Dicky Armein Hanafy (kiri) sedang melakukan operasi.
Aritmia yang terjadi pada bayi akan menyebabkan anak menjadi kurang aktif, tidak mau makan atau menyusui, sehingga tumbuh kembangnya tidak maksimal.

Ada pula gejala aritmia yang baru muncul di usia anak praremaja yang menyebabkan jantung terasa berdebar-debar walau tidak melakukan aktivitas fisik, seperti ingin pingsan, dan perasaan tidak nyaman di dada.

Menurut Dicky, ada beberapa faktor risiko aritmia pada anak, yaitu bayi lahir prematur, punya penyakit jantung bawaan, serta faktor genetik.

"Pada bayi bisa dideteksi dengan mengukur laju jantungnya atau lewat USG sejak masih dalam kandungan. Tetapi, ada juga aritmia yang baru muncul saat anak sudah lebih besar," paparnya.

Penanganan aritmia pada anak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.