Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Lidah Buaya untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 20/02/2022, 07:22 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Mungkin kita mengenal lidah buaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Namun lebih dari itu, lidah buaya berkhasiat juga dalam menurunkan berat badan. Tak heran jika saat ini ekstrak lidah buaya kerap digunakan sebagai bahan utama minuman diet hingga suplemen herbal.

Sebagaimana dilansir NDTV, tanaman yang kerap disebut aloe vera ini memiliki profil nutrisi yang kaya dan bisa dimanfaatkan saat menjalani diet sehat.

Misalnya pada lapisan getah kuning yang punya rasa pahit, tapi memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa, karena mengandung glikosida dan antrakuinon yang sifatnya sebagai antioksidan bagi tubuh.

Baca juga: Kenali, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kesehatan

Kemudian gel transparan lidah buaya mengandung senyawa organik dan anorganik, karbohidrat kompleks, vitamin A, B, C dan E, serta sejenis protein yang mengandung 18 dari 20 asam amino.

Dalam penurunan berat badan, semua kandungan ini membantu membuang racun di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme, yang selanjutnya membantu penurunan berat badan.

"Lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas diet dan memaksimalkan potensi penurunan berat badan," ujar Britt Brandon, penulis buku The Everything Guide to Aloe Vera for Health.

Merasakan khasiat lidah buaya untuk menurunkan berat badan, mungkin jus lidah buaya bisa jadi pilihan tepat.

Tapi perlu diingat lidah buaya ini memiliki rasa yang pahit. Pastikan mengonsumsinya dengan beberapa bahan lain seperti perasan lemon atau madu biar rasanya lebih enak.

Baca juga: Jus Lidah Buaya Lancarkan Pencernaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com