Kompas.com - 20/02/2022, 07:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin kita mengenal lidah buaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Namun lebih dari itu, lidah buaya berkhasiat juga dalam menurunkan berat badan. Tak heran jika saat ini ekstrak lidah buaya kerap digunakan sebagai bahan utama minuman diet hingga suplemen herbal.

Sebagaimana dilansir NDTV, tanaman yang kerap disebut aloe vera ini memiliki profil nutrisi yang kaya dan bisa dimanfaatkan saat menjalani diet sehat.

Misalnya pada lapisan getah kuning yang punya rasa pahit, tapi memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa, karena mengandung glikosida dan antrakuinon yang sifatnya sebagai antioksidan bagi tubuh.

Baca juga: Kenali, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kesehatan

Kemudian gel transparan lidah buaya mengandung senyawa organik dan anorganik, karbohidrat kompleks, vitamin A, B, C dan E, serta sejenis protein yang mengandung 18 dari 20 asam amino.

Dalam penurunan berat badan, semua kandungan ini membantu membuang racun di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme, yang selanjutnya membantu penurunan berat badan.

"Lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas diet dan memaksimalkan potensi penurunan berat badan," ujar Britt Brandon, penulis buku The Everything Guide to Aloe Vera for Health.

Merasakan khasiat lidah buaya untuk menurunkan berat badan, mungkin jus lidah buaya bisa jadi pilihan tepat.

Tapi perlu diingat lidah buaya ini memiliki rasa yang pahit. Pastikan mengonsumsinya dengan beberapa bahan lain seperti perasan lemon atau madu biar rasanya lebih enak.

Baca juga: Jus Lidah Buaya Lancarkan Pencernaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NDTV


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.