Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembuh dari Covid-19, Tak Boleh Langsung Berlari, Kenapa?

Kompas.com - 21/02/2022, 06:30 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 akan memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan, dan dapat memicu gangguan jantung, paru-paru, hingga fungsi ginjal.

Maka, meski telah dinyatakan negatif dari Covid-19, penyintas virus tersebut bisa merasakan gejala lanjutan atau juga disebut long covid, seperti sesak napas, kekurangan stamina dan kelelahan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko long covid, mulai dari menerapkan diet sehat hingga berolahraga.

Namun studi terbaru menemukan, penyintas Covid-19 yang baru pulih sebaiknya tidak langsung berolahraga karena dapat meningkatkan risiko cedera.

Baca juga: Sudah Sembuh dari Covid-19, Masih Perlukah Minum Vitamin?

Pada studi yang dimuat dalam jurnal Sports Health, para peneliti melakukan survei pada pelari antara bulan Juli-September 2020.

Peserta diberi dua pertanyaan utama, yakni apakah mereka pernah terinfeksi Covid-19 dan apakah mereka mengalami luka parah sehingga melewatkan aktivitas berlari setidaknya selama seminggu.

Seluruh responden berusia 18 tahun ke atas dan pernah mengikuti perlombaan lari minimal satu kali di tahun 2019. Sebanyak 56,5 persen peserta adalah wanita.

Dari hampir 2.000 peserta, sebanyak 6,3 persen mengatakan pernah terinfeksi Covid-19.

Antara bulan Maret hingga September 2020, sekitar 30,9 persen pelari yang merupakan penyintas Covid-19 mengalami cedera dibandingkan 21,3 persen pelari yang bebas dari infeksi virus tersebut.

Baca juga: Perlukah Lakukan Tes Khusus Setelah Sembuh dari Covid-19?

Dari hasil itu disimpulkan, pelari yang pernah terinfeksi Covid-19 berisiko mengalami cedera 1,66 kali lipat lebih besar daripada pelari yang tidak terpapar virus corona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com