Kompas.com - 21/02/2022, 12:45 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencanangkan 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Perayaan untuk memperingati #HariPeduliSampahNasional pun sudah dilaksanakan sejak 2005.

Melalui HPSN, pemerintah mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam mengelola sampah. Salah satunya, melalui gaya hidup hijau yang ramah lingkungan.

Seperti diketahui, permasalahan sampah masih menjadi isu lingkungan yang perlu mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak.

Guna membantu pemerintah dalam menangani permasalahan sampah, sejumlah pelaku usaha mulai menerapkan konsep sustainability pada bisnisnya.

Penerapan konsep tersebut tidak hanya memicu pelaku usaha untuk membuat produk kekinian, tapi juga mengolah sampah untuk dijadikan produk baru yang berkualitas. Dengan demikian, kelestarian lingkungan dapat tetap terjaga.

Salah satu brand fesyen yang menerapkan konsep sustainability adalah Sejauh Mata Memandang (SMM).

Pemilik SMM Chitra Subyakto mengatakan, pihaknya menerapkan konsep slow fashion dalam setiap produk pakaiannya. Adapun material dasar yang digunakan adalah tekstil daur ulang dari limbah pra-konsumsi. Selanjutnya, limbah diproses menjadi bahan baru.

Selain membuka usaha untuk menciptakan ekosistem ekonomi mandiri, SMM juga mengampanyekan isu sosial menjaga bumi dengan lebih peduli terhadap lingkungan.

“Kami berupaya memperkenalkan konsep fesyen berkelanjutan asal Indonesia agar dapat mendunia. Salah satunya dengan menjual produk kami di platform e-commerce Shopee melalui program Shopee Ekspor,” ujar Chitra kepada Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Pada awalnya, kata Chitra, pihaknya menghadapi sejumlah tantangan dalam mengenalkan konsep slow fashion. Terlebih, produk-produk SMM mengutamakan kepedulian akan dampak dari produk fesyen yang dikonsumsi terhadap lingkungan.

Benang hasil daur ulang kain bekas. Benang ini akan diolah menjadi kain Sejauh Mata Memandang. Dok. Istimewa. Benang hasil daur ulang kain bekas. Benang ini akan diolah menjadi kain Sejauh Mata Memandang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.