Kompas.com - 21/02/2022, 21:13 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tea tree oil adalah salah satu produk perawatan kulit yang dikenal ampuh mengobati jerawat. Namun bukan hanya itu, tea tree oil ternyata memiliki kegunaan lain yang tidak kalah penting.

Tea trea oil atau minyak pohon teh (Australia melaleuca alternifolia) bukanlah minyak yang diambil dari tanaman teh yang kerap kita minum.

Tea tree sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia, yang sejak 100 tahun terakhir digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inflamasi serbaguna.

Selain untuk dijadikan produk perawatan kulit, tea tree oil juga berguna untuk kesehatan dan keperluan sehari-hari, antara lain:

1. Untuk mengobati jerawat

Sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil punya kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat.

Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan.

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam American Society of Microbiology dan jurnal Integrative Medicine menyebutkan bahwa khasiat tea tree oil untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa antiradang dan antimikroba. Kedua senyawa ini dipercaya mampu mengobati jerawat membandel pada kulit.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology Research and Therapy menyebutkan bahwa kombinasi antara tea tree oil dan resveratrol mampu mengurangi produksi minyak dan bakteri pada kulit yang menjadi penyebab jerawat, serta dapat mengecilkan pori-pori.

2. Mengatasi kulit yang merah dan meradang atau gatal

Manfaat tea tree oil lainnya adalah untuk mengatasi peradangan, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit.

Sebuah hasil riset yang dipublikasikan dalam International Journal of Legal Medicine menunjukkan bahwa tea tree oil mampu mengurangi peradangan kulit yang sensitif terhadap nikel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.