Kompas.com - 22/02/2022, 06:27 WIB

KOMPAS.com - Gigi kuning menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang. Meski tidak berbahaya, namun kondisi ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. 

Mungkin sebagian orang mengira gigi kuning hanya disebabkan oleh faktor kebiasaan seperti merokok atau minum kopi.

Tapi ternyata, genetik dari orangtua turut berperan dalam pembentukan warna gigi. Sehingga jika orangtua memiliki gigi kuning, kemungkinan anaknya juga memiliki ciri tersebut.

Menurut studi dari University of Adelaide Craniofacial Biology Research Group (CBRG), dan Murdoch Children's Research Institute (MCRI), anak mewarisi gen dari orangtua dalam membentuk ketebalan enamel dan dentin (lapisan di dalam enamel). 

Baca juga: Betulkah Vape Bisa Bikin Gigi Kuning Seperti Rokok?

"Orang yang giginya tumbuh secara alami dengan enamel tipis, umumnya warna gigi tampak lebih kuning," tertulis dalam penelitian tersebut, sebagaimana dikutip The Conversation

Enamel gigi secara alami dapat terkikis sehingga gigi akan berwarna kuning seiring bertambahnya usia.

Namun tak perlu berkecil hati jika warna gigi sudah menguning saat muda.

Kondisi tersebut bisa diatasi dengan perawatan gigi yang tepat baik di dokter gigi, klinik kecantikan atau mencoba sejumlah cara untuk memutihkan gigi secara alami.

Selain faktor genetik, faktor lingkungan juga berperan dalam membentuk warna gigi.

Baca juga: 7 Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Misalnya pada saat ibu mengandung, terpapar flouride yang berlebihan atau penggunaan antibiotik tetrasiklin juga memengaruhi anak memiliki warna gigi kuning.

Kebiasaan yang memengaruhi warna gigi termasuk minum kopi atau merokok juga bisa membuat gigi kuning.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.