Kompas.com - 22/02/2022, 07:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jam tangan yang dibekali fitur kalender abadi --terutama dari manufaktur jam Swiss-- rata-rata memiliki desain yang kompleks alias rumit.

Kerumitan itu tidak hanya terlihat pada tampilan dial yang sulit dibaca, melainkan juga dari komponen yang dipasang di bagian mesin.

Lihatlah Audemars Piguet dengan Royal Oak Perpetual Calendar-nya, A Lange & Sohne Grand Complication, atau Highlife Tourbillon Perpetual Calendar yang dibuat Frederique Constant.

Mungkin, orang yang awam dengan jam tangan kompleks memerlukan waktu lama untuk dapat mengoperasikan beberapa kreasi yang sudah disebutkan barusan.

Namun jauh mundur ke tahun 2005, produsen jam tangan Swiss H. Moser & Cie memperkenalkan kreasi dengan fitur kalender abadi yang "bersahabat".

Diberi nama Perpetual 1, jam tangan ini dikembangkan H. Moser & Cie bersama pembuat jam Andreas Strehler.

Kedua pihak menyederhanakan tampilan kalender pada Perpetual 1, sehingga mudah disesuaikan dan mudah dibaca oleh pengguna.

Lalu pada tahun 2015, H. Moser & Cie merilis Endeavour Perpetual Calendar Funky Blue dengan estetika berani yang memadukan desain jam tangan tradisional dan modern.

Baca juga: Memahami Jenis-jenis Jam Tangan Mekanis yang Membuatnya Istimewa

H. Moser & Cie Endeavour Perpetual Calendar Tutorial H. Moser & Cie Endeavour Perpetual Calendar Tutorial
Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Endeavour Perpetual Calendar Funky Blue yang diluncurkan untuk menandai kebangkitan H. Moser & Cie menawarkan kemudahan penggunaan bagi pemakainya.

Tidak ada subdial atau penunjuk tanggal yang sulit dibaca. Selain indeks di tepi dial yang mewakili jam, terdapat pula indeks untuk menandakan bulan yang ditunjukkan jarum kecil di bagian tengah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.