Kompas.com - 23/02/2022, 08:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, daya ingat seseorang akan menurun. Memori mengenai waktu, tempat, dan siapa yang bersama kita dalam peristiwa di masa lalu akan menjadi samar.

Penurunan fungsi memori terkait usia terjadi secara bertahap. Salah satu fungsi kognitif pertama yang menurun di akhir masa dewasa adalah memori episodik.

Memori episodik adalah kemampuan untuk mengingat secara detail mengenai peristiwa yang terjadi di masa lalu, namun sulit mengingat fakta-fakta yang mendasari peristiwa tersebut.

Tingkatkan memori episodik di usia lanjut dengan aerobik

Satu temuan baru-baru ini dan meta analisis dari 36 studi yang melibatkan 2.750 partisipan mengungkap fakta menarik.

Ditemukan, latihan aerobik dapat meningkatkan memori episodik pada orang lanjut usia.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Communications Medicine 17 Februari 2022.

"Latihan aerobik secara positif memengaruhi memori episodik pada orang berusia 55 tahun tanpa demensia," demikian bunyi keterangan penulis studi di University of Pittsburgh.

Latihan aerobik terbilang efektif dalam meningkatkan memori episodik bagi individu berusia di pertengahan 50-an yang berolahraga rutin tiga kali seminggu selama 18 minggu.

Baca juga: 13 Kebiasaan Penyebab Daya Ingat Menurun

Jangan ditunda

"Kami menemukan ada peningkatan memori yang lebih besar pada peserta yang berusia 55-68 tahun dibandingkan mereka yang berusia 69-85 tahun, jadi intervensi lebih awal lebih baik," kata penulis studi Sarah Aghjayan.

"Semua orang selalu bertanya, 'berapa banyak saya harus berolahraga? Berapa olahraga minimal untuk melihat peningkatan?'" tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.