Kompas.com - 23/02/2022, 09:07 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tanpa perlu melakukan olahraga atau diet yang ekstrem, kita bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Berdasarkan temuan studi terbaru, kita hanya perlu melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memasak, dan berkebun untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut para ahli, rutinitas harian --seperti mandi-- dapat memberikan efek positif pada peningkatan kesehatan jantung.

Wanita yang bergerak setidaknya empat jam setiap hari dapat menurunkan berbagai risiko penyakit dibandingkan wanita yang hanya bergerak kurang dari dua jam per hari.

Mereka yang aktif bergerak menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 43 persen, penyakit jantung koroner (43 persen), dan stroke (30 persen).

Juga, risiko mengalami kematian akibat penyakit jantung berkurang 62 persen.

Temuan studi ini dimuat dalam Journal of American Heart Association (JAMA).

Studi tersebut mengambil data aktivitas 5.416 wanita di AS berusia 63-97 tahun yang tidak memiliki penyakit jantung pada awal studi.

Baca juga: Yoga dan Aerobic Bisa Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Peneliti di University of California San Diego memelajari efek rutinitas harian pada risiko penyakit kardiovaskular, termasuk berpakaian, mencuci, merawat diri, mengerjakan tugas rumah tangga, menyiapkan makanan, dan berkebun.

Menurut Dr Steve Nguyen, penulis utama studi, temuan studi menunjukkan bahwa setiap gerakan penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.