Kompas.com - 23/02/2022, 11:13 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap pemilik hewan peliharaan pasti mencintai peliharaannnya sepenuh hati.

Namun, apakah hewan peliharaan kita dapat merasakan jatuh cinta juga?

Dilansir dari Cuteness, ternyata jawabannya adalah “iya,” dan anjing lebih mudah mencintai dibanding kucing. Meski mungkin anabul kita ini tidak jatuh cinta dalam konteks romantis.

Nah, “jatuh cinta” pada hewan peliharaan dipengaruhi oksitoksin.

Hormon ini dilepaskan tubuh untuk mendorong adanya ikatan, membantu pemilik tubuh untuk bertahan hidup.

Tubuh melepaskan oksitoksin secara merata, baik untuk perasaan cinta platonis (pada teman, sahabat, dan lain-lain), serta cinta romantis.

Hewan peliharaan tentu tidak dapat menyebutkan keinginannya secara verbal, jadi tidak ada cara untuk mengetahui apakah hewan peliharaan mengalami jatuh cinta romantis atau tidak.

Namun, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Based on neuroeconomist Dr. Paul Zak pada sebuah seri berjudul “Cats v Dogs” di BBC2, dibandingkan dengan kucing, anjing memproduksi lebih banyak oksitoksin setelah bermain dengan pemiliknya.

Eksperimen tersebut melibatkan 20 pemilik hewan dengan hewan peliharaannya, terdiri dari 10 ekor anjing dan 10 ekor kucing.

Zak mengambil contih air liur dari semua partisipan, sesudah dan sebelum waktu bermain, untuk mengukur kadar oksitoksin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.