Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Mengoleskan Sunscreen di Wajah Saat Memakai Riasan

Kompas.com - 23/02/2022, 11:59 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

KOMPAS.com - Sunscreen atau atau tabir surya merupakan salah satu bagian dari perawatan kulit yang sebenarnya tidak boleh terlupakan, terutama saat kita hendak bepergian keluar rumah.

Sebab, kandungan SPF di dalam sunscreen dapat melindungi kulit kita dari sinar UV yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit kita.

Meski demikian, tak jarang sebagian besar perempuan merasa tidak perlu mengoleskan sunscreen ketika mereka harus pergi dengan memakai riasan karena itu dapat merusak riasan mereka.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kita ikuti untuk mengoleskan sunscreen di wajah saat kita memakai riasan, seperti berikut ini.

1. Pelembap adalah kuncinya

Pastikan untuk mengoleskan pelembap yang lembut dengan perlindungan spektrum luas pada wajah dan leher sebelum memilih primer, concealer, atau produk riasan apa pun.

Langkah ini tidak hanya dapat mencegah bercak kulit kering tetapi juga memastikan perlindungan kulit karena kita akan mengeksposnya ke banyak produk.

2. Mulai memakai riasan

Ambil primer dan aplikasikan jika perlu. Langkah ini bekerja dengan baik pada kulit dengan pori-pori yang membesar.

Setelah diterapkan, tindak lanjuti dengan alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit. Pilih beauty blender untuk membuat alas bedak yang rata setelah pengaplikasian foundation.

Jika kita memiliki kulit yang kering, maka riasan pilihan kita adalah formula hidrasi yang jelas dan jika kita memiliki kulit berminyak, carilah alas bedak matte.

3. Sempurnakan tampilan

Pakailah produk tahan air pilihan kita. Mulai dari eyeliner, maskara hingga lipstik.

Jangan ragu untuk membuang langkah ini jika kita ingin membuat tampilan yang agak lebih sederhana.

4. Pakai setting spray yang mengandung SPF

Gunakan semprotan setting spray yang telah mengandung SPF.

Langkah ini tidak hanya memastikan riasan kita terlihat rapi dan tahan lama, tetapi juga menambahkan sentuhan menyegarkan pada penampilan, serta membantu menambahkan SPF.

5. Mengoleskan sunscreen

Tidak ada jumlah sunscreen yang akan cukup jika riasan kita mudah luntur dan tentu saja, sunscreen juga bisa ikut luntur.

Itulah mengapa langkah ini sangat penting. Jadi, gunakan sunscreen — sebisa mungkin yang berbentuk bubuk —/ untuk dapat dioleskan pada kulit.

Kemudian, setelah beberapa jam, ulangi sesi ini agar dapat membuat kulit kita terhindar dari paparan sinar UV.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pink Villa
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com