Kompas.com - 23/02/2022, 15:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Keluhan masalah kulit seperti jerawat dapat dialami siapa saja, terutama di masa pubertas atau remaja.

Namun tak jarang, masalah jerawat ini masih saja muncul hingga dewasa meski kulit wajah sudah dirawat dengan baik.

Dalam hal ini tidak semua orang memiliki kulit yang sehat dan bebas jerawat. Sebab, ada gen pada orangtua dapat diwariskan ke anak dan itu berpengaruh pada kondisi kesehatan kulitnya.

"Genetik memang berperan besar dalam menentukan tipe kulit dan beberapa kondisi penyakit kulit," ujar dr. Shakti Indraprasta, SpKK dari NMW Clinic saat dihubungi Kompas.com.

Menurut dr. Shakti, gen yang diwarisi orangtua memiliki peranan penting dalam menentukan apakah kita lebih mudah memiliki jerawat atau tidak.

Selain itu kondisi hormonal yang dialami orangtua kemungkinan turut menurun ke anak.

"Misalnya pada pasien Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) ditemukan dalam keluarga dan jerawat ini adalah gejala yang sering muncul pada pasien PCOS," tambahnya.

Baca juga: Seberapa Besar Faktor Keturunan Memengaruhi Tinggi Badan Anak?

Gen orangtua juga dapat berpengaruh pada pembentukan folikel kulit menjadi acne resistant yang memicu sistem imun kesulitan dalam menangkal P. Acnes (bakteri penyebab jerawat).

Sehingga ketika ada kasus ibu dan ayah memiliki masalah jerawat yang cenderung berat di masa remaja, hal tersebut bisa menjadi faktor prediksi si anak bakal mengalami hal yang sama.

"Kedua orangtua yang memiliki acne berat biasanya si anak akan memiliki risiko breakout acne yang lebih tinggi, dibandingkan kalau hanya satu dari orangtua yang punya masalah jerawat," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.