Kompas.com - 23/02/2022, 19:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tempe dan tahu dikenal sebagai makanan nabati tinggi protein. Selain harganya murah, rasanya yang lezat juga membuat keduanya menjadi pilihan masyarakat Tanah Air dalam santapan sehari-hari.

Namun sayang, belakangan ini para perajin tempe mogok produksi hingga berimbas pada kelangkaan tahu dan tempe di pasaran.

Untuk itu, menggantikan tempe dan tahu dengan makanan nabati lain yang tinggi protein mungkin bisa jadi solusi.

Berikut beberapa makanan alternatif pengganti tahu dan tempe yang bisa dinikmati untuk santapan keluarga, sebagaimana dikutip Wellandgood.

1. Edamame

Edamame merupakan kacang kedelai yang dipetik saat masih muda. Dalam 128 gram edamame mengandung 19 gram protein.

Edamame juga mengandung serat tinggi, folat dan vitamin K. Jika mencari tempe dan tahu cukup sulit, mungkin edamame akan lebih mudah ditemukan sebab biasanya edamame dijual dalam keadaan beku dan banyak tersedia di supermarket.

Baca juga: 8 Manfaat Makan Edamame untuk Kesehatan

2. Lentil

Kacang lentil biasa ditemui dalam masakan India dan Timur Tengah. Lentil juga tinggi protein dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Mengganti menu masakan untuk sementara dengan olahan lentil pun bisa jadi pilihan menyenangkan untuk keluarga.

3. Chickpea

Di Indonesia chickpea sering disebut dengan kacang arab. Chickpea merupakan sejenis polong-polongan yang juga kaya protein, serat, antioksidan dan mineral.

Chickpea bisa dibuat menjadi campuran salad, bubur, campuran patty dan beberapa masakan lain khas Timur Tengah seperti hummus.

Baca juga: 5 Kacang-kacangan yang Membantu Cegah Penuaan Dini dan Awet Muda

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.